SAMOSIR - Perbaikan demi perbaikan infrastruktur jalan yang dilakukan pemerintah pusat di kawasan Danau Toba, semakin memudahkan masyarakat atau wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba. Bahkan, beberapa wisatawan mengaku berterimakasih kepada Presiden Jokowi yang menunjukkan kepedulian yang tinggi kepada kawasan Danau Toba.

"Terimakasih untuk pak Presiden Jokowi. Infrastruktur jalan ke Danau Toba sudah semakin bagus, sangat jauh berbeda dari era era sebelumnya," kata Rikson Sinaga salah satu wisatawan asal Medan yang ditemui di Samosir, Kamis (25/1/2018).

Menurutnya, dengan diperbaikinya jalan di kawasan Danau Toba, para wisatawan akan semakin mudah mencapai objek wisata yang tersebar di Danau Toba, seperti diakuinya jalan menuju Danau Toba dari Tiga Ras sudah bagus. Kemudian dari Tele ke Pangururan juga sudah dibenahi.

"Perhatian Pak Jokowi harus disyukuri. Oleh karena itu, saya berharap semua pemerintah yang ada di kawasan Danau Toba harus siap berbenah menuju destinasi kelas dunia," harap Sinaga.

Sementara itu, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dalam sebuah kesempatan menerangkan, Pemerintah Kabupaten Samosir terus berusaha mewujudkan Danau Toba menjadi Unesco Global Geopark atau taman bumi.

Rapidin juga berkomitmen untuk mendukung pemerintah pusat dalam melawan kerusakan lingkungan, kemudian transformasi ekstraktif ke konservatif, pengkayaan intelektual bangsa melalui edukasi nonformal dan semi formal dalam rangka membangun ekonomi kerakyatan, dan melakukan revolusi mental bangsa.

Diakuinya juga pihaknya berusaha terus untuk mencapai Geopark terlebih keseriusan pemerintah pusat dalam memberikan dukungan untuk Danau Toba.