Palas - Mewujudkan pelayanan kesehatan di masyarakat Kabupaten Padang Lawas(Palas) Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) secara bergulir disetiap Kecamatan melakukan peresmian gedung baru .

Sebelum telah diresmikan Puskesmas Biinanga, Kecamatan Barumun Tengah, Puskesmas Huristak, Kecamatan Hutustak, berlanjut Puskesmas Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun dan Puskesmas Hutaraja Tinggi (Huragi) mendapat giliran diresmikan kemarin bersamaan dengan pembukaan MTQ Kecamatan tersebut secara langsung oleh Bupati dan Sekda Arpan Nasution dan Kadis Kesehatan Palas Hj Leli Ramayulis .SKM.

Tujuan diresmiakan gedung puskesmas disetiap kecamatan yang ada dalam mewujudkan pemerataan prima pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan prioritas yang tidak bisa ditolerir dan menjadi skala prioritas Pemkab Palas. Tentunya sejalan dengan visi misi Bupati mewujudkan Kabupaten Palas Bercahaya (Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya).

Penegasan itu disampaikan Bupati H Ali Sutan Harahap (TSO) disaat meresmikan gedung baru Puskesmas Hutaraja Tinggi Kecamatan Hutaraja Tinggi merupakan satu-satunya Puskesmas terakreditasi Madya.

“Pelayanan kepada masyarakat menjadi maksimal, seiring dengan dukungan SDM dan fasilitas kesehatan yang ada ditingkat Puskesmas,” kata Bupati.

Bupati yang dikenal ramah dan bermasyarakat ini mengajak elemen masyarakat peduli kesehatan karena kesehatan tonggak utama dalam kehidupan. “Program Kesehatan haruslah diikuti dengan kinerja aparaturnya, dimana proses penanganan medis harus berjalan baik di Puskesmas, harus dahulukan pelayanan, baru diikuti dengan administrasi,” ungkapnya.

Dikesempatan itu Bupati menyampaikan, mindset seputar pelayanan di Puskesmas harus dirubah dan menjadi prioritas utama pelayanan pemerintah dalam mewujudkan masyarakat sehat jasmani dannrohani "Bangun kepercayaan masyarakat dalam mendorong prilaku hidp sehat dalam membangun pencapaian program sehat dan sejahtera,pinta TSO kepada semua tenaga medis baik bidan desa yang bertugas dipelosok desa-desa.

TSO mencontohkan warga masyarakat yang ingin berobat ke Puskesmas maupun RSUD, harus dilayani dengan baik, tidak ada alasan warga yang membawa kartu BPJS Kesehatan atau KIS diperlakukan dengan cuek dan tidak mendapat pelayanan dengam baik.

Jika hal demikian ditemukan, masyarakat jangan sungkan dan takut untuk menyampaikan keluhan kepada saya secara lanhsung. "Tolong, berikan informasi, jika bapak dan ibu tidak dilayani secara baik. Sampaikan keluhan kepada saya, agar dapat ditindak oknum yang tidak memahami tupoksi sebagai pelayanan masyarakat," tegasnya.

Diakhir sambutannnya, Bupati rnenekankan aparatur ASN dilingkungan kerja Dinas Kesehatan, dapat bekerja dengan baik membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dalam membangun pondasi keluarga.

Bukti keseriusan pemerintah membangun masyarakat Palad sehat ,tentu harus didukung dengan sarana dan prasarana yang baik sehingga pelayanan akan semakin dirasakan manfaat bagi masyarakat secara merata disemua tingkat baik desa,kelurahaan maupun kabupaten.