PALAS - Pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan prioritas yang tidak bisa ditolerir dan menjadi skala prioritas Pemkab Palas sejalan dengan visi misi Bupati mewujudkan Kabupaten Palas Bercahaya (Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya). Penegasan itu disampaikan Bupati H.Ali Sutan Harahap (TSO) saat meresmikan gedung baru Puskesmas Pasar Latong, Kecamatan Lubuk Barumun, Selasa (23/1/2018) bersamaan dengan pembukaan MTQ ke 11 tingkat Kecamatan Lubuk Barumiun.

"Pelayanan kepada masyarakat menjadi maksimal seiring dengan dukungan SDM dan fasilitas kesehatan yang ada di tingkat Puskesmas," kata Bupati saat meninjau ruangan yang ada di Puskesmas Pasar Latong usai penandatangan prasasti penggunaan gedung baru.

Bupati yang dikenal ramah dan bermasyarakat ini mengajak seluruh elemen masyarakat peduli kesehatan karena kesehatan tonggak utama dalam kehidupan.

"Program Kesehatan haruslah diikuti dengan kinerja aparaturnya, dimana proses penanganan medis harus berjalan baik di Puskesmas. Harus dahulukan pelayanan, baru diikuti dengan administrasi," ungkapnya.

Di kesempatan itu, Bupati menyampaikan, mindset seputar pelayanan di Puskesmas harus dirubah dan menjadi prioritas pelayanan agar kepercayaan masyarakat semakin tinggi.

TSO mencontohkan, warga yang ingin berobat ke Puskesmas maupun RSUD harus dilayani dengan baik. Tidak ada alasan warga yang membawa kartu BPJS Kesehatan atau KIS diperlakukan dengan cuek.

"Jika hal demikian ditemukan, tolong masyarakat sampaikan agar saya tindak oknumnya," tegasnya.

Dengan diresmikan gedung baru ini, TSO berharap, seluruh Puskesmas yang ada di Palas agar memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Palas Hj Leli Ramayulis mengatakan, skala prioritas Pemkab Palas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Dalam menjalankan tugas di lingkungan kerja puskesmas, seluruh ASN Kesehatan harus mengerti tupoksinya sebagai pelayan masyarakat, bukan minta dilayani," tandasnya.