SELATPANJANG - Seekor Hiu Gergaji (Saw Shark) tersangkut jaring salah seorang nelayan di Desa Tanjungperanap, Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau. Tak tanggung-tanggung, berat hiu tersebut diperkirakan mencapai 1 ton. Menurut Kades Aswandi, Hiu Gergaji ini sangkut di jaring kurau nelayan Dusun Tanjungperanap. Ikan yang jarang ditemukan itu akhirnya dibawa ke tepi dan dibantai warga.

"Ikan hiu itu sangkut di jaring kurau," kata Aswandi.

Diceritakan Aswandi lagi, berat Hiu Gergaji tersebut sekitar 1 ton. Satu pompong nelayan tak mampu menarik hiu ke tepi. Sehingga dibantu pompong dari kilang sagu. "Ditunda (ditarik, red) oleh dua pompong," ujar Aswandi.

Perkiraan kades yang akrab dipanggil Nutih ini, Hiu Gergaji tersebut mengikuti kapal-kapal yang dari Sei Apit, Siak. Sebab, perairan nelayan tempat meletakkan jaring merupakan simpang tiga Siak - Meranti (Lukit).

Penunggu perairan yang jarang ditemukan itu pun akhirnya dibantai warga setempat. Siapa saja yang berminat mau mengkonsumsi bebas membawa pulang dagingnya. "Ikan itu bisa dimakan. Warga satu kampung turun ke laut dan mengambil dagingnya," cerita Nutih. ***