PALAS - Dalam rangka pembinaan dan pengembangan organisasi serta peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di Kabupaten Kwartir Cabang (Kwarcab), Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar rapat kerja cabang, Kamis (18/1/2018) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan. Kegiatan Rapat Kerja Cabang ini langsung dibuka Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu dan dihadiri Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Palas Zainuddin Hasibuan serta seluruh Kwartir Ranting dan unsur Saka di Kabupaten Palas.

Wakil Bupati H.Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan, rapat kerja cabang yang dilaksanakan gerakan pramuka ini, dalam rangka menyusun program kerja ke depan untuk mewujudkan generasi muda Kabupaten Palas yang bermartabat, bernalar, berdaya saing dan berkepedulian sosial melalui kegiatan gerakan pramuka.

"Kegiatan pramuka yang selama ini dijalankan, sesuai sekali dengan visi dan misi pemerintah mewujudkan Kabupaten Palas Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya)," sebut Wabup.

Wabup berpesan, dalam rapat kerja cabang ini harus menyusun rencana kerja yang strategis sekaligus menjawab masalah–masalah yang dihadapi ke depan. Renca kerja ke depan harus memberikan dampak yang besar demi kemajuan generasi muda melalui kegiatan gerakan pramuka.

“Rapat kerja Cabang nantinya menghasilkan ide dan gagasan besar dalam menyusun pragram kerja ke depan demi mewujudkan cita-cita besar yang kita inginkan bersama demi generasi muda kita,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Palas Zainuddin Hasibuan mengatakan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka berupaya melakukan konsolidasi organisasi yang diaplikasikan melalui Rakercab dengan melibatkan semua pengurus Kwartir Ranting dan unsur Saka yang ada di kabupaten Palas.

"Rapat kerja cabang ini bertujuan untuk memperkuat organisasi dan manajemen kwartir cabang melalui pemantapan gugus depan, satuan karya pramuka sebagai organisasi terdepan yang langsung membina peserta didik dan menyusun program kerja jangka panjang, menengah, dan pendek," jelasnya.

Selain itu, kata Zainuddin, kwartir cabang gerakan pramuka terus menggalakkan peningkatkan kualitas pengelolaan organisasi sekaligus manajemen dewan kerja dan ranting.

“Rapat kerja cabang ini mengambil tema kita mantapkan komitmen dan konsolidasi organisasi sebagai garda terdepan menuju perubahaan dalam pembentukan karakter kaum muda. Metode kegiatan yang dilakukan yakni sidang pleno, sidang komisi, pemaparan hasil sidang komisi dan kesimpulan sekaligus rekomendasi rakercab," tegasnya.

Zainuddin berharap, rapat kerja cabang ini sebagai pertukaran informasi, komunikasi dan penetapan program dalam upaya pengembangan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter kaum muda sekaligus kita harapkan program kerja yang disusun nantinya benar-benar relevan, intergral, sektoral dan urgensi.

Dia juga menambahkan, agenda penting dalam rakercab menyangkut tentang penyusunan program kerja 2018 yakni pendataan asset Kwarcab Gerakan Pramuka Palas serta Pembuatan Website Pramuka Palas.

Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Palas ini menambahkan, Kwarcab Pramuka Palas telah menerima penyerahaan tanah seluas 4 Hektar (Ha) dari masyarakat Harang, Kecamatan Sosa yang rencananya akan dijadikan Bumi Perkemahaan Kwarcab Pramuka Palas.