PALAS - Setelah pasangan TSO-Ahmad Zarnawi mendaftarkan diri dalam pertarungan Pilkada Kabupaten Padang Lawas 2018, pasangan bakal calon Tondi Roni Tua-Syarifuddin Hasibuan menyerahkan berkas pencalonan mereka ke Sekretariat KPU Palas, Jalan Listrik Sibuhuan, Selasa (9/1/2018). Pasangan Tondi-Syarifuddin yang didukung Partai Demokrat (4 kursi) dan Partai PKS (2 kursi), dinyatakan telah memenuhi persyaratan minimal maju sebagai kontestan dengan dukungan 6 kursi dari partai pengusung mereka.

"Terimakasih buat semuanya, karena ini merupakan semangat perubahaan untuk Kabupaten Palas, kami masih mendapat kesempatan ikut sebagai kontestan di Pilkada," ujar Tondi memberikan sambutan dihadapan ratusan massa pendukungnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, pasangan yang diusung dua partai ini berangkat dari posko pemenangan di Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan bersama ratusan pendukung dengan berjalan kaki sekitar 500 meter dari Kantor KPU Palas.

Ratusan pendukung membawa atribut bendera partai Demokrat dan PKS sambil mengucapkan yel-yel "Mari kita songsong perubahan kemajuan daerah yang lebih baik".

Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay menyampaikan, pasangan Tondi-Syarifuddin Hasibuan merupakan pasangan kedua yang mendaftarkan diri setelah pasangan TSO-Ahmad Zarnawi.

"Meski dukungan dari partai sudah mencukupi, namun berkas-berkasnya tetap diperiksa. Sehingga, apa yang menjadi kekurangan bisa dilengkapi segera mungkin sampai 18 Januari harus sudah lengkap secara keseluruhan baru dapat kita tetapkan sebagai calon kandidat," sebut Syarifuddin dan Komisioner KPU Divisi Teknis, Rahmat Habinsaran Daulay ketika menyerahkan rekomendasi pemeriksaan kesehatan kepada paslon yang mendaftar sebaga kontestan di Pilkada Palas 2018.