PALAS - Hari pertama dibukanya pendaftaran Paslon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas, Senin (8/1/2018), belum satupun pasangan calon yang mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palas untuk menyerahkan berkas pendaftarannya. Pantauan di lokasi, puluhan polisi memenuhi halaman sekretariat KPU Palas di Jalan Listrik Sibuhuan untuk mengamankan tahapan pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Wakil Bupati Kabupaten Palas.

Di sini, KPU Palas telah menyiapkan dua unit tenda berikut ratusan kursi bagi pengunjung dan pengantar pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan mendaftar nantinya.

Ketua KPU Palas Syarifuddin Daulay Komisioner KPU Divisi Teknis, Rahmat Habinsaran Daulay, Komisioner Divisi SDM dan Parmas Amran Pulungan, Divisi Keuangan dan Logistik Rahmat Efendi Siregar mengungkapkan, pendaftaran pasangan calon selama tiga hari dimulai  8-10 Januari 2018. Dua hari pertama ditutup hingga pukul 16.00 dan di hari terakhir ditutup hingga pukul 24.00.

"Kita siap kapan pun pasangan mau mendaftar selagi masih dalam waktu yang ditentukan. Mulai hari ini sudah dibuka," ungkap Syarifuddin, Senin (8/1/2018)

Rahmat Efendi Siregar menutup secara resmi untuk hari pertama pendaftaran pada pukul 16.00 karena belum ada Bapaslon yang mendaftar.

"Kita tidak tahu besok, harapan kita hari kedua sudah ada pendaftar. Kami hanya siap menunggu pendaftar yang datang," ujarnya.

Diprediksikan, Pilkada Palas bakal diikuti tiga pasangan calon yakni pasangan petahana H.TSO-H.Ahmad Zarnawi Pasaribu yang diusung 10 partai politik yaitu Golkar, PDIP, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Bulan Bintang, Nasdem, PKPI, Hanura, Gerindra dan Hanura  

Lalu, ada nama Tondi Roni Tua -Syarifuddin Hasibuan yang diusung dua parpol seperti PKS dan Demokrat serta pasangan Rahmad Pardamean Hasibuan-Syahrul Effendi Hasibuan dari calon perseorangan.