MEDAN - Menghadapi event internasional Asian Para Games, 8 October 2018 di Jakarta mendatang. 19 atlet National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara dipanggil untuk mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas). Hal ini disampaikan Ketua NPC Sumut, Alan Sastra Ginting saat ditemui di Kantor NPC Sumut, Jalan Stadion, Medan.

"Ya sudah keluar SK dari NPC Pusat, 19 atlet kita sudah resmi dipanggil untuk mengikuti Pelatnas memperkuat Timnas Indonesia menghadapi Asian Para Games," katanya, Senin (8/1/2018).

Alan menerangkan pemanggilan ini sangat fantastik karena di luar prediksi 10 atlet yang ditargetkan. "Hal ini pencapaian luar biasa. Di luar prediksi awal kita," bebernya.

Pria berdarah Batak Karo ini menjelaskan masih ada tahap degradasi pada Bulan April 2018. Maka ia menegaskan untuk setiap atlet yang dipanggil memberikan yang terbaik.

"Ini merupakan pemanggilan tahap pertama. Nanti di Maret atau April akan ditest kembali seluruh atlet ini. Maka masih ada zona degradasi bila atlet tidak mengalami kemajuan. Hal ini juga membuat kesempatan atlet lain untuk dipanggil masuk," bebernya.

Atlet peraih emas atletik Asean Para Games 2017 Malaysia ini menargetkan atlet Sumut untuk dapat meraih emas yang belum pernah dirasakan di Ajang Asia.

"Di beberapa kelas, kita sudah targetkan atlet untuk meraih emas. Karena sebelumnya kita belum pernah meraih emas di ajang level Asia. Namun saya optimis kita bisa meraih 2 emas, 2 perak, 2 perunggu," tegasnya.

Alan menambahkan, dirinya ingin agar seluruh atlet NPC Sumut bekerja keras untuk dapat berkontribusi memuhi target Presiden Jokowi yang menargetkan Indonesia finish di 5 besar Asia Para Games.

"Kita ingin 19 atlet ini bisa berkontribusi banyak untuk Indonesia. Pak Jokowi targetkan Indonesia meraih 5 besar. Maka untuk itu kita ingin atlet bisa membantu Indonesia mewujudkan itu," pungkasnya.