Padangsidimpuan-Guna mengetahui kesiapan personel, sarana dan prasarana beserta unsur terkait dalam rangka memasuki Pimilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2018 baik Gubernur, Bupati maupun Wali Kota yang akan dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, Sabtu (6/1/2018) pagi.

Bertempat du Stadiin HM Nurdin Kota Padangsidimpuan, Polres Kota Padangsidimpuan laksanakan apel gelar pasukan Mantap Praja 2018.

Sehingga, Operasi Mantap Praja dapat berjalan secara optimal dan berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan. Seperti diketahui, Kota Padangsidimpuan pada tahun 2018 ini Kota Padangsidimpuan juga akan melaksanakan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan masalah keamanan, mengawal dan menjaga Pilkada tersebut merupakan tanggung jawab Polres Kota Padangsidimpuan bersama TNI, Pol PP bersama unsur lain yang berwenang.

Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya yang menjadi Inspetur upacara (Irup) dalam sambutannya menegaskan,"Pada pelakaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 ini, terdapat beberapa potensi kerawanan yang memerlukan perhatian khusus dari semua kalangan, untuk diantisipasi sejak dini agar tidak berkembang jadi gangguan nyata yang dapat mengganggu jalannya pesta Demokrasi,"tegas Hilman.

Berbagai potensi kerawanan dapat terjadi dalam setiap tahapan Pemilu, baik berupa pelanggaran maupun tindakan Pemilu tentu hal ini harus ditangani dan dikelola oleh Polri secara profesional, transparan juga akuntabel. Dalam hal penanganan tindak pidana pelaksanaan Pemilu, Polri akan melakukan bekerja sama dengan Panwas (Panitia Pengawas) dan Kejaksaan agar setiap pelanggaran Pidana dalam Pemilu dapat diselesaikan dengan tuntas.

"Dalam Pemilu, Polri tidak akan bermain dalam politik praktis. Hal ini dilakukan melalui menajemen kemanan yang terpadu dan komperhensif, mengerahkan sumber daya yang ada serta memperkokoh kerja sama yang sinergis dengan pelaksana Pilkada, TNI, Masyarakat dan mitra keamanan lainnya agar Pilkada Kota Padangsidimpuan dapat berlangsung aman, jujur adil dan demokratis,"jelas Hilman lagi.

Diharapkan, seluruh stakeholder mampu mempersiapkan langkah-langkah antisipasi baik secara taktis dan strategis agar potensi pelanggaran dapat ditekan dan dihindari untuk menindak lanjuti kebijakan Presiden Republik Indonesis Joko Widodo dengan program prioritas Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian yang disebut PROMOTER (Profesional, Modern, Terpercaya) sebagaimana tema dalam apel gelar pasukan yang dilaksanakan ini yakni 'Polri Yang Promoter Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2018'.

Dalam acara ini, selain personel Polres Kota Padangsidimpuan, pada barisan pasukan upacara terlihat perwakilan dari TNI Kodim 0212/TS dan Yonif 123/RW, Brimob Detasemen C Tapanuli Selatan, Satpol PP Kota Padangsidimpuan, ASN (Aparatur Sipil Negara), Siswa Sekolah.

Sementara duduk dibangku undangan turut hadir diantaranya, Sekretaris Darrah (Sekda) Kota Padangsidimpuan Zulfeddi Simamora, Danramil Kota 02/Kota Kapten Inf Takbir, Danramil 19/Siais Kapten Inf David Sidabutar, Kakorum 123/RW Kapten Inf Adenan Pane.