MEDAN-H-4 pendaftaran pasangan calon (Paslon) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut terus melakukan berbagai persiapan.

Persiapan mencakup kesiapan seluruh staf sekretariat, keleluasaan gedung atau lokasi tempat penerimaan pasangan calon serta pendukungnya dan soal pengamanan.

Guna menampung para pendukung atau tim hore-hore setiap pasangan calon yang kemungkinan besar akan hadir dalam jumlah besar, KPU akan mendirikan tenda besar yang ditempatkan di halaman depan kantor KPU di Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan.

"Jadi nanti pada saat pendaftaran (8-10/1) pendukung setiap pasangan calon tidak boleh masuk ke dalam gedung atau ruangan KPU, cukup di luar saja," kata Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, menjelaskan kepada medanbisnisdsily.com.

Seluruh staf sekretariat akan dibagi ke dalam tiga tim. Tim pertama berada di luar gedung, mereka bertugas memberi layanan komunikasi, baik kepada pasangan calon yang datang mendaftar maupun kepada seluruh pendukungnya. Tim kedua di lantai satu gedung KPU, bertugas menerima pasangan calon yang akan mendaftar.

Tim terakhir atau yang ketiga berada di lantai dua, mereka bertugas menerima serta memeriksa seluruh berkas persyaratan calon serta partai politik pendukungnya.

"Nanti satu atau dua hari menjelang pendaftaran pasangan calon kami akan melakukan pengecekan persiapan internal dengan melakukan simulasi-simulasi," kata Benget.

Khusus menyangkut pengamanan, ujar Benget, KPU akan berkordinasi dengan pihak kepolisian. Sebab mereka yang kompeten serta memahami dengan baik pola penjagaan keamanan yang akan diterapkan. Termasuk juga soal penataan tempat parkir yang akan menampung kenderaan para pasangan calon dan pendukungnya.

"Dengan pihak kepolisian serta institusi lainnya seperti IDI, HIMPSI dan BNN, pada H-3 kami akan berkordinasi," tegas Benget.

IDI, HIMPSI dan BNN akan bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani setiap pasangan calon Gubsu serta bebas dari penggunaan narkoba.