JAKARTA - Belum punya agenda untuk menikmati kemeriahan pesta liburan Tahun Baru 2018? Yuk nikmati keseruannya dengan datang ke Lagoy Bay Bintan. Sebab, segudang agenda sudah disiapkan di sana plus pesta kembang api super seru. Nah, sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Kemeriahan pesta super glamor sudah menunggu di Lagoy Bay Bintan pada 31 Desember 2017. Konsep pesta yang dipilih pun sangat enerjik, yaitu Dance Beats Competition. Sudah pasti wisatawan yang datang akan disuguhi tari dengan gerakan super rancak bertenaga hingga malam pergantian Tahun Baru pun smeakin bergairah. Manajer BD Bintan Resort Cakrawala (BRC) Lidia Endang Sumartini menjelaskan, Dance Beats Competition ini untuk mengakomodir banyaknya talenta muda Bintang di bidang tari kontemporer dan modern.

“Momentumnya memang tepat di Tahun Baru. Event ini digulirkan untuk mewadahi para pecinta tari di kalangan pelajar dan sanggar tari. Di Bintan ini memang banyak sekali talenta-talenta muda di bidang tari. Sayang kalau kemampuan mereka tidak diwadahi dalam konsep yang benar,” ujar Lidia.

Meski hanya sehari, namun agenda super padat sudah menunggu. Digelar sejak pagi hari, Dance Beats Competition diawali dengan fase penyisihan. Bagi peserta yang mampu menampilkan gerakan atraktif nan luwes dan harmonis, maka fase final sudah menunggu pada malam harinya. “Event ini digelar secara marathon dari pagi sampai malam. Untuk final akan digelar malam hari atau saat menjelang pergantian Tahun Baru. Kami berharap, momen pergantian Tahun Baru ini memberi arti spesial bagi semua peserta,” ujar Lidia.

Yap, pergantian Tahun Baru ini mungkin akan dikenang selamanya oleh peserta yang lolos ke final dan menjadi juara. Selain momentumnya Tahun Baru yang banyak diartikan sebagai pengharapan baru dan kesuksesan baru di tahun mendatang, Dance Beats Competition juga memberikan hadiah puluhan juta rupiah juga doorprize manrik. Hanya saja, event Dance Beats ini pun hanya berlaku bagi peserta yang berusia 13 sampai 25 tahun terhitunng sejak Desember 2017. Setiap peserta kompetisi juga wajib membayar biaya pendaftaran senilai Rp100 ribu.

“Dance Beats memang akan ditutup dengan pesta kembang api. Tapi, memang tidak semua peserta bisa diikuti karena ada pembatasan usia. Peserta yang tampil harus berkelompok atau secara tim. Nantinya setiap timnya terdiri dari lima sampai tujuh orang. Mereka diberikan kebebasan untuk memilih lagu dan unjuk kebolehan selama lima menit,” tegas Lidia.

Usai berjingkrak dalam irama dinamis Dance Beats Competition, pesta dilanjutkan dengan ceremony menyambut Tahun Baru. Terus mengekplor gerak dan harmoni tubuh, wisatawan pun kembali disuguhi modern and traditional dance dan fire dance. Sedikit tips, siapkan saja energi ekstra karena Lagoy Bay Bintan akan kembali mengajak wisatawan berjingkrak bersama melalui tarikan musik DJ performance, percussion performance, band performance. “Kami memang ingin mengajak pengunjung untuk terus bergerak dan bergerak,” terang Lidia.

Bagi wisatawan yang lelah, mungkin bisa beristirahat sebentar sambil menikmati beragam kuliner yang dikemas dalam konsep street food bazzar. Sembari menikmati kuliner nikmat khas Bintang, wisatawan bisa tetap memanjakan mata melalui light costume parade, sky lantern release, magician. “Kami tetap menyelipkan games seru menarik. Puncak acara pun akan diwarnai dengan festival kembang api. Kami sudah menyiapkan konsepnya. Kami berharap konsep pesta kembang api ini akan diingat terus oleh para wisatawan dan kembali lagi ke sini tahun depan,” tutur Lidia.

Membuat klimaks adrenalin wisatawan, Bintan Resort Cakrawala berencana menyalakan kembang api di sepanjang bibir pantai Lagoy Bay. Para wisatawan bisa menikmati guyuran kembang api spektakuler ini dari pinggir laut. Berharap pesta besar kembang api menjadi landmark baru di setiap penghujung tahun, Lidia pun menerangkan, semua event yang digelar di Lagoy Bay bisa menaikan jumlah dari kunjungan wisatawan. “Kami berharap event-event ini mampu menarik jumlah wisatawan lebih banyak lagi ke Bintan. Sebab, kami juga memiliki tanggung jawab untuk mendukung target Kemenpar,” tegas Lidia.

Berada satu paket di wilayah industri pariwisata Kepulauan Riau bersama Batam dan Tanjung Pinang, Bintang memang pintu masuk ideal bagi wisatawan asal Singapura dan Malaysia. Membagi kedatangan menuju Kepulauan Riau dalam empat pintu, Batam memang menjadi pintu utama dengan kunjungan 2,27 juta wisman atau naik 50% lalu diikuti oleh Tanjung Uban (600 ribu), Tanjung Pinang (190 ribu), dan Tanjung Balai Karimun (190 ribu). Oleh Kemenpar, Kepulauan Riau pun diberi beban kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sampai 3,25 juta orang atau naik 62% dari tahun lalu.

“Bintan tetap destinasi ideal bagi wisatawan mancanegara terutama yang berasal dari Singapura juga Malaysia. Dengan beragam event menarik seperti itu, Bintan pasti mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Yang jelas, event di Lagoy Bay memang tidak boleh dilewatkan, apalagi ini momentumnya Tahun Baru. Wisatawan dari Singapura dan Malaysia tampaknya sudah harus mulai bersiap ke Bintan dari sekarang,” ungkap Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti.

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya setiap perayaan Tahun Baru bisa menjadi salah satu atraksi yang bisa mendatangkan wisatawan khususnya mancanegara. Dengan paket konsep yang dikemas bagus dan menarik, momentum perayaan Tahun Baru pun bisa menjadi kampanye terdepan untuk menunjukan wajah tanah air dalam Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia sekaligus. “Kami selalu mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga ketertiban dan kebersihan selama berwisata. Buktikan pada dunia, bahwa Indonesia aman, tertib, bersih, sejuk, indah, dan ramah,” ujar Arief.

Besarnya ekspektasi kepada Bintan, Arief pun meminta kepada setiap wisatawan untuk aktif membantu dan memviralkan program Wonderful Indonesia. Trik sederhana pun diberikan oleh Arief kepada para wisatawan yang akan membantu branding program-program Kemenpar.

“Caranya gampang, setiap kali beraktivitas di Bintan jangan lupa ambil foto, video, lalu mempostingnya di media sosial masing-masing. Jangan lupa tambahkan #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia lalu ketik nama lokasi/daerah wisata dan kuliner yang dikunjungi juga dinikmati. Selamat menikmati pesta Tahun Baru,” tandas Arief. ***