PALAS - Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap melalui Wakil Bupati drg. H. Zarnawi Pasaribu mengatakan, momentum peringatan Hari Ibu menjadi sarana kilas balik sejarah bagi kaum hawa. "Hakekatnya peringatan ini membawa pesan penting tentang kebangkitan, persatuan, kesatuan dan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa dan negara yang diwarisi generasi penerus," sebut Wabup pada peringatan Hari Ibu ke-89 yang dilaksanakan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB dan PPPA) Kabupaten Padang Lawas dan TP PKK Palas, Jumat (22/12/2017), di aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Dikatakannya, tekad dan perjuangan untuk meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan dalam segala aspek kehidupan harus terus berlanjut, terutama di bidang politik. Hal ini ditandai dengan lahirnya UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang partai politik.

"(Implementasinya) dengan prinsip menonjolkan nuansa kaedah demokrasi yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat, aspirasi, keterbukaan, keadilan, tanggung jawab dan perlakuan tidak diskriminatif," terang H.Ahmad Zarnawi .

Kadis DP2KB dan PPPA Palas, Amir Soleh Nasution meyebutkan, peringatan Hari Ibu ini mereka sengaja mengusung tema kesetaraan perempuan dan laki-laki untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perdagangan orang dan kesenjangan akses ekonomi terhadap perempuan.

"Dengan tema yang diusung ini sangat relevan dalam menempatkan kaum perempuan sebagai mitra strategis laki-laki dalam pembangunan. Hal itu terbukti banyaknya ibu-ibu yang sukses dan memiliki karier cemerlang," sebut Amir.

Peran kaum perempuan, kata dia, sangat penting dan dibutuhkan membantu tugas laki-laki, baik dalam pembangunan maupun mewujudkan kesejahteraan keluarga, masyarakat hingga kesejahteraan bangsa dan negara.

Makanya, Amir mengajak masyarakat dan berbagai pihak untuk mendukung kaum perempuan maju dan memberdayakan diri secara positif dan bermanfaat.

"Mari kita bersama-sama menjaga kaum perempuan dengan menghapus segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak," ajaknya.

Ia juga mengingatkan kepada kaum perempuan harus tetap menyadari dan menjunjung tinggi kodrat dalam keluarga. Sebab, kaum perempuan sukses dalam berkarier atau pekerjaan apapun harus dibarengi sukses membina keluarga.

"Jangan melupakan tugas dan kewajiban sebagai seorang istri bagi suami maupun ibu bagi anak-anak," pesan Amir Soleh.

Peringatan Hari Ibu ke 89 ini ditandai pemotongan tumpeng oleh Wabup Palas H.Ahmad Zarnawi Pasaribu, dan dimeriahkan dengan lomba memasak, lomba menulis, lomba baca puisi.