MEDAN - Menyambut hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru), PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) l telah mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM jenis Gasoline di Sumatera Utara (Sumut) yang diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 19% dari penyaluran rata-rata normal sebesar 5.222 kiloliter menjadi 6.223 kiloliter. General Manager MOR l, Erry Widiastono memaparkan jenis BBM jenis gasoline seperti Premium, Pertamax dan Pertamax Turbo diprediksikan terjadi kenaikan 4,56%.

“Bahkan diprediksi untuk konsumsi tertinggi akan terjadi pada arus mudik yaitu tanggal 23 Desember 2017 perkiraan volumenya 15.600 kiloliter atau sebesar 17,7%. Begitu juga pada arus balik pada 3 Januari 2018 di mana konsumsi BBM juga naik sebesar 23% atau 16.340 kiloliter,” ucap Erry saat pemaparan Kesiapan Satgas Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Rabu (20/12/2017).

Sementara, untuk permintaan solar kemungkinan terjadi penurunan sebab adanya pembatasan angkutan-angkutan barang. Lalu industri-industri juga sudah pada libur.

“Jadi kami perkirakan 4,5 persen penurunan di Natal dan Tahun baru nanti,” ujarnya.

Sementara, pasokan BBM ke masyarakat di Sumut disuplai dari 5 terminal BBM yang terdiri dari TBBM Medan Group, TBBM Pematang Siantar, TBBM Kisaran, TBBM Sibolga dan TBBM Gunung Sitoli melalui 326 SPBU yang tersebar di seluruh wilayah Sumut.

Guna menjaga pasokan bahan bakar, sambungnya, Pertamina MOR I telah mempersiapkan SPBU Kantong di 7 lokasi yang menjadi pusat konsumsi BBM tertinggi di wilayah MOR l, yaitu di Kota Serdang Bedagai, Kabupaten Langkat, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Humbang Hasudutan dan 2 SPBU Kantong Kabupaten Karo.

“Penyediaan kantong SPBU berupa mobil tangki dengan muatan BBM agar pelayanan dan distribusi dapat lebih cepat. Sehingga mengantisipasi jalur yang padat di jalan.Seperti di jalur lintas Provinsi Aceh ada 46 SPBU yang kita siapkan kantong BBM. Jalur lintas Sumut ada 126 SPBU. Di jalur lintas Sumbar 86 SPBU, di Jalur Lintas Riau ada 60 SPBU. Pertamina juga menyiagakan satu Kios Pertamax di Jalan Tol Kualanamu Tebing Tinggi, di mana Kiosk Pertamax akan menyediakan bahan bakar dalam kemasan yang aman, sehingga praktis untuk dibawa,” tukasnya.