PEKANBARU - Ribuan peserta lomba lari 10 K dan jalan santai di Kota Pekanbaru memadati jalan Gajah Mada untuk memeriahkan Hari Juang Kartika (HJK) 2017, Minggu (10/12). Para peserta sudah memadati Jalan Gajahmada sejak pukul 06.30 WIB. Peserta lomba lari 10 K dan jalan santai dilepas langsung oleh Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Aritonang dan didampingi Danrem 03/Wira Bima, Brigjen TNI Edy Nasution serta dihadiri oleh beberapa pejabat utama Korem 031/WB.

Danrem 031/WB, Edy Nasution mengatakan, untuk lari 10 K mulai (start) dari Jalan Gajahmada masuk ke Jalan Jenderal Sudirman dan mutar di depan Purna MTQ. Sedangkan finish kembali ke Jalan Gajahmada.

"Untuk jalan santai, star juga dari Jalan Gajahmada melintasi Jalan Sumatera, Pattimura, S Parman dan MH Thamrin. Lalu, finish di Jalan Gajahmada lagi," kata Edy Nasution.

Sebelum pelepasan para peserta dipersilahkan untuk melakukan cek up denyut nadi dan tensi oleh Denkesyah 01.04.03 Pekanbaru. Kemudian peserta melakukan pemanasan.

Selanjutnya dari hasil kegiatan, juara satu lomba lari 10 K Putra diraih oleh Rozi warga Pekanbaru dengan waktu 36’07 dari PASI Riau. Sedangkan lari 10 K Putri, juara pertama diraih oleh Lisba Sisila warga Pekanbaru dengan waktu 49’12. Dan TNI-Polri, Yuniar dari Yon Arh 13/BS dengan waktu 39’54.

Disamping itu Kasdam I/BB Brigjen TNI Aritonang juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba lari 10 K. "Ya, semoga hadiahnya bermanfaat bagi pemenang," ujar Aritonang.

Menurut dia, pada peringatan HJK 2017 ini, sengaja diadakan lomba lari karena selain untuk mengajak masyarakat berolahraga juga disediakan berbagai hadiah doorprize yang sangat menarik. Salah satunya adalah hadiah Rumah tipe 40 yang diraih oleh ibu betti boru Siboro warga warga Jalan Berdikari Umban Sari, Rumbai.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Korem 031/WB, yang telah sukses menyemarakkan peringatan HJK 2017 dengan sangat meriah.

"Acara ini sukses berkat kekompakan dan kerjasama anggota TNI khususnya Korem 031/Wira Bima," ungkapnya.

Sementara itu, Danrem 031/WB, Edy Nasution menambahkan, acara puncak peringatan HJK 2017, akan berlangsung pada tanggal 15 Desember 2017 besok.

"Acara puncak, kita akan melaksanakan upacara bersama di Stadion Rumbai Pekanbaru," sebut Edy Nasution.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan beberapa kegiatan, diantaranya pemasangan kaki palsu yang bekerjasama dengan Kick Andy Foundation.