MEDAN - PT Equity Finance Indonesia (EFI) meluncurkan produk baru yaitu SME (Small Medium Enterprise) and Multipurpose Financing di Kota Medan, Senin (11/12/2017). Presiden Direktur PT EFI, Hartono Gandasutedja mengungkapkan EFI meluncurkan produk ini sejalan dengan program pemerintah yang gencar untuk mengajak para pengusaha skala kecil menengah untuk tumbuh berkembang dan memproduksi barang- barang yang berkualitas.

“Apalagi kita punya keunggulan proses pembiayaan dengan persyaratan yang lebih mudah. Dan proses persetujuan yang cepat, yakni maksimal dua hari,” ucapnya dalam peluncuran SME and Multipurpose Financing di Kantor Cabang EFI Medan, Jalan Prof HM Yamin SH Medan, Senin (11/12/2017).

Diterangkannya, tahun 2018, perusahaan pembiayaan ini mengangkat tema ‘EFI Makes A Change’.

“Diharapkan, melalui produk yang dihadirkan ini, pembiayaan jenis multipurpose financing bisa berkembang lebih baik,” terangnya.

Diharapkan, sambungnya, melalui produk terbaru ini, dapat membantu para pengusaha UKM di Kota Medan dan sekitarnya untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara maksimal.

“Dengan produk multipurpose financing, diharapkan dapat menjadi sarana masyarakat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, seperti biaya sekolah, pernikahan, renovasi rumah, umroh, travelling dan sebagainya,” pungkasnya.

Kata dia, sebelum diluncurkan di Medan, SME telah diluncurkan sebelumnya di Cabang Denpasar, Cabang Kota Bandung dan Cabang Kota Malang pada Mei 2017.

Selain pembiayaan yang mudah, program paket marketing disesuaikan dengan kondisi-wilayah sekitar dengan jangka waktu pembiayaan sampai dengan 10 tahun serta bunga yang kompetitif.

Dijelaskannya, peluncuran produk dilakukan di Medan lantaran kota ini mempunyai potensi akan berbagai macam sektor usaha yang bagus untuk disasar dan dikembangkan pada sektor UKM.

“Letak kota Medan yang berada di tepi Selat Malaka membuat Medan menjadi kota strategis yang menguntungkan serta menjadi pintu gerbang perdagangan internasional,” tututnya.

Apalagi, lanjut dia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) perkembangan nilai ekspor tahun 2016 Sumatera Utara mengalami kenaikan 0.23% jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain itu, perusahaan industri di Medan sudah mulai banyak bermunculan, contohnya di Kecamatan Medan Deli yang merupakan salah satu sentra perusahaan industri di Kota Medan. Perusahaan industri di kelurahan Medan Deli lebih didominasi oleh industri besar dan sedang. Tercatat pada tahun 2016 terdapat 65 industri besar dan sedang, 72 industri kecil dan 80 industri rumah tangga.