PALAS - Bupati Padang Lawas, H Ali Sutan Harahap (TSO) kembali menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, sebagai kabupaten peduli terhadap HAM, Minggu (10/12/2017) di Hotel Sultan Surakarta. Piagam penghargaan ini diberikan Yasonna Laoly sebagai wujud apresiasinya terhadap pemerintah daerah yang peduli dengan pemenuhan Hak Asasi Manusia (HAM).

Seperti tahun sebelumnya, penghargaan ini juga diberikan sekaligus memperingati hari Hak Asasi Manusia sedunia ke-69 tahun. Selain Pemkab Palas, setidaknya 13 kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara juga turut mendapat penghargaan tersebut.

Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Palas, Agus Saleh Saputra Daulay yang turut mendampingi Bupati Palas ke Surakarta mengatakan, penghargaan tersebut diberikan langsung Menteri Hukum dan HAM itu, dan ini adalah kali ketiga diperoleh secara berturut-turut yakni mulai 2014, 2015 dan 2016.

Hal itu didasari dengan kepedulian Pemkab Palas terhadap hukum dan hak asasi manusia yang meliputi atas hak hidup, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, hak atas rasa aman, dan hak atas anak dan perempuan.

“Ketentuan ini berdasarkan Peraturan Menteri Hukum HAM Nomor 34 Tahun 2016 tentang kriteria kabupaten/kota peduli HAM. Padanglawas salah satunya termasuk dinyatakan daerah layak untuk memperoleh penghargaan tersebut,” terang Agus via telepon selulernya.

Bupati Palas Ali Sutan Harahap (TSO) melalui Agus mengungkapkan, penghargaan yang diterima Pemkab Palas ini tidak terlepas dari peran serta seluruh stakeholder dan masyarakat.

Menurut Agus, koordinasi dalam program rencana aksi nasional telah berjalan dengan baik. Begitu juga dengan dukungan sistem penyampaian laporan yang memberikan nilai plus dalam pemenuhan kriteria sebagai kabupaten peduli HAM.

“Dengan penghargaan ini diharapkan, menambah semangat dan pemenuhan hak bagi masyarakat Palas secara luas. Terlebih sesuai arahan Menkumham, yaitu pemenuhan dan perlindungan hak perempuan dan anak mesti terus ditingkatkan disamping pemenuhan hal lainnya,” ujar Agus mengutip arahan Menkunham.

Pada penyerahaan piagam penghargaan itu, hadir Gubernur dan Bupati serta Walikota se Indonesia. Tampak juga hadir Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi.