MEDAN - Tahun 2018 dan tahun 2019 disebut menjadi tahun politik. Sebab, saat itu diselenggarakan pemilihan kepala daerah serentak 2018 dan beriringan dengan tahapan pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden 2019. "Saya yakin, karena bapak/ibu menjadi pengawas Pemilu, ada ketenangan, ada kedamaian di tempat bapak/ ibu masing-masing. Karena bapak/ ibu adalah terang di tempat masing-masing," kata Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar saat menghadiri Natal Keluarga Besar Pengawas Pemilihan Umum se Sumut di Balai Rasa Sayang Hotel Polonia, Medan, Sabtu (9/12/2017).

Mulai tahun ini hingga 2019 tugas besar berada di pudak pengawas pemilihan (Panwas). Pemilihan kepala daerah 2018 yang bersamaan dengan tahapan pemilihan umum tahun 2019 butuh kerja keras dan pengorbanan.

Fritz meminta Bawaslu dan Panwas merefleksi diri sebelum tahun 2017 berakhir. Diyakini, terjadi perubahan besar kepada seluruh anggota Panwas di 33 kabupaten/kota. Selama ini bertugas dari berbagai latar profesi, kini menjadi pengawas pemilu.

"Di Bawaslu tak ada tanggal merah, tanggal hitam semua, kita diberikan tugas sama Tuhan sebagai pengawas. Ada tanggungjawab yang Tuhan berikan. Pergunakanlah tanggungjawab itu sehingga menjadi terang dalam kegelapan," katanya.

Anggota Bawaslu Sumut Hardi Munte SH MH mengatakan, penyelemggaraan Natal Keluarga Besar Panwas dilaksanakan di tengah kesibukan mengawasi tahapan, bentuk kerjasama dalam suka cita. Perayaan Natal sebagai bentuk kejasama dan kekompakkan sebagai penyelenggara. Juga kekompakan dalam keluarga, karena sejak menjadi pengawas, waktu untuk keluarga akan berkurang, jam makan dan istirahat juga tidak teratur.

"Di tengah kesibukan ini, kita harus tetap memuliakan Tuhan dengan suka cita. Dengan natal ini, harapan kita terselenggaranya Pilgubsu (pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, red) dan Pemilu dengan baik," katanya.

Ketua Panitia natal Alen Sitohang menyampaikan ucapan terima kasih, karena Natal Panwas se Sumut terselenggara di tengah kesibukan pengawasan tahapan.
"Saya sangat berterima kasih dan apresiasi tinggi kepada seluruh panitia dan semua pihak, yang mempersiapkan acara di tengah kesibukan masing-masing," katanya.

Hadir dalam acara, Anggota Bawaslu Sumut Aulia Andri mewakili Ketua Bawaslu Sumut, Wadir Reskrimum Polda AKBP Maruli Siahaan dan Kasubdit I Kamneg Poldasu AKBP Janus Pakpahan mewakili Kapolda Sumut, Ketua KPID Sumut Parulian Tampubolon, Anggota KPU Sumut Benget Silitoga dan Anggota KPU Medan Pandapotan Tamba, perwakilan Pangdam I/BB serta undangan dari berbagai lembaga dan organisasi masyarakat.