PADANGSIDIMPUAN-Untuk mengantisipasi kerawanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padangsidimpuan yang akan dihelat pada 2018 mendatang, Panwaslih setempat akan melakukan pemetaan titik-titik kerawanan.

Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Padangsidimpuan Rahmat Aziz Hasiholan Simamora memaparkan, untuk meningkatkan fungsi pengawasan sebagai penyelenggara pemilu, pihaknya akan melakukan kegiatan sosialisasi tentang pengawasan pemilu soal indeks kerawanan pilkada yang ada di Kota Padangsidimpuan.

"Rencana ada dua kegiatan yang akan kita lakukan dalam waktu dekat, pertama kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu dengan materi pemetaan indeks kerawanan dan pengawasan partisipatif," terangnya dan akan menggelar kegiatan tersebut bersama stakeholder dan pihak terkait, Senin (4/12/2017).

Indeks kerawanan pemilu, terang Aziz, akan dibuat sebagai upaya pihaknya yang juga penyelenggara untuk pemetaan dan deteksi dini terhadap berbagai potensi pelanggaran dan kerawanan yang akan terjadi pada Pilkada 2018 nanti.

"Dengan adanya indeks kerawanan pemilu nanti, dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengantisipasi potensi-potensi yang bakal terjadi," tukasnya.

Dalam menyusun indeks kerawanan pemilu, pihaknya menggunakan tiga aspek utama seperti soal penyelenggaraan, kontestasi dan partisipasi.

"Indeks kerawanan pemilu nantinya juga dapat membantu memetakan titik-titik kerawanan. Mana daerah yang potensinya tinggi dapat diantisipasi dan dideteksi sejak dini," pungkasnya dan berharap peran masyarakat dapat lebih partisipatif untun mengawasi.