MEDAN-Teka-teki kemana dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2017 terjawab sudah.

Sebagai pemilik 6 kursi DPRD Sumut, partai besutan Amien Rais ini memberi dukungannya pada Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Kepastian ini disampaikan Ketua DPW PAN Sumut, Yahdi Khoir Harahap. "Ke Edy kita," kata Yahdi.

Dikatakannya, rekomendasi dukungan DPP akan dilengkapi dengan Surat Keputusan (SK) DPP yang akan digunakan untuk mendaftar ke KPU. Hanya,menurutnya, SK baru akan diserahkan sewaktu akan mendaftar. Pendaftaran pasangan calon Pilgubsu akan dibuka 8-10 Januari 2018.

"Nanti akan ditegaskan juga oleh DPP sewaktu pelantikan DPW 10 Desember. Dua-dua yang direkomendasikan (Edy-Ijeck)," terangnya.

Menurut Yahdi, dipilihnya Edy Rahmayadi didasarkan atas masukan kader di bawah. Juga menurutnya, berdasarkan pertimbangan banyak aspek, sosial politik. "Termasuk yang paling penting track record. Kita ingin gubernur yang membawa perubahan besar," terangnya.

Dengan merapatnya PAN ke Edy Rahmayadi-Ijeck, maka peluang JR Saragih menjadi calon Gubsu hampir dipastikan tertutup. Selain kursi Demokrat hanya 14 di DPRD Sumut, kurang 6 kursi untuk bisa mengusung pasangan calon, JR saragih selaku Ketua DPD Partai Demokrat Sumut juga hanya mendaftar ke Demokrat dan PAN.

Sementara, Partai Golkar (17 kursi) Nasdem (5) PPP (4) PKB (3) PKPI (3) telah memberi dukungannya pada calon petahana Tengku Erry Nuradi. Praktis, tinggal PDIP (16 kursi) dan Hanura (10 kursi) yang belum menentukan dukungannya.