PALAS - Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) menutup kegiatan kemah besar penggalang Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Palas, Minggu (3/12/2017) di bumi perkemahaan Tor Sipiramanuk Desa Surodingin, Kecamatan Lubuk Barumun. Penutupan yang ditandai pelepasan tanda peserta kegiatan kemah penggalang itu, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan yang diberikan Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kwartir Gerakan Pramuka (Kamabicab) kepada masing-masing gudep pemenang lomba cerdas tangkas, PBB, pionering dan pentas seni.

Dalam amanatnya, Kamabicab Padang Lawas mengucapkan terimahkasihnya kepada kakak dan adik-adik Pramuka yang telah menyukseskan penyelenggaraan kemah besar dengan usaha yang tulus ikhlas dan tak kenal lelah demi suksesnya acara ini.

Menurut dia, gerakan pramuka merupakan tombak pendidikan karakter bangsa yang dapat diandalkan karena konsistensinya.

"Pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai luhur budaya serta perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia yang terwujud dalam pikiran dan perbuatan berdasarkan norma, agama, hukum, serta tata krama," ujar Bupati.

Satya pramuka dan dharma pramuka yang diajarkan dalam gerakan pramuka, kata TSO, menjadi modal dasar penting dalam pendidikan karakter. Untuk itu, dia meminta agar nilai tersebut dapat diupayakan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati menyebutkan kegiatan perkemahan ini merupakan kegiatan perlombaan bagi adik-adik penggalang. Di mana, ada nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya terutama pendidikan moral, watak dan budi pekerti luhur.

"Kegiatan perkemahan besar penggalang ini juga merupakan sarana bagi adik dalam mengevaluasi terhadap hasil latihan setiap minggu digugus depan teruma kemampuan adik dalam bidang kepramukaan," terangnya.

Bupati menjelaskan, peran penting gerakan pramuka sebagai wadah pemersatu generasi muda, tidak perlu diragukan lagi.

Di sisi lain, Bupati menambahkan, berlomba merupakan sifat anak, remaja dan kaum muda yang kesemuanya itu merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi.

"Dalam rangka mewujudkan sifat yang dimiliki oleh anak, remaja dan kaum muda tersebut, Kwarcab Padang Lawas sangatlah tepat menyelenggarakan kegiatan ini," puji Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk silahturahim antara anggota pramuka, baik yang di gugus masing-masing sekokah maupun anggota pramuka yang di wilayah Kwartir Cabang Padang Lawas.

"Mudah-mudahan anggota pramuka dapat membangun kebersamaan untuk melanjutkan pembangunan Palas Bercahaya," imbuhnya.

Bupati juga berpesan agar peserta pramuka yang menang, janganlah kemenangan ini menjadikan sombong, tapi jadikanlah kemenangan ini sebagai cambuk untuk menjadi yang lebih baik lagi ke depannya.