PADANGSIDIMPUAN - Bersama ratusan massa pendukungnya, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota, Irsan Nasution-Arwin Siregar mendatangi Kantor KPU Kota Padangsidimpuan, Selasa (28/11/2017). Kedatangan Ketua Golkar Kota Padangsidimpuan ini guna menyerahan berkas syarat dukungan lewat jalur perseorangan (independen) Pilkada 2018.

Kedatangan Rombongan Paslon yang dikenal lewat tagline 'Bersinar' nya ini disambut komisioner KPU Kota Padangsidimpuan dan Petugas Panwaslih Kota Padangsidimpuan yang juga ikut mengawasi proses penyerahan syarat dukungan.

"Sesuai PKPU nomor tiga mengatur persentase syarat dukungan calon perseorangan, sebesar 10 persen dari DPT yang ada. Dan Paslon yang akan maju secara independen harus mengumpulkan dukungan sebanyak 14.472 jiwa," ungkap Komisioner KPU Hatimbulan menerangkan syarat dukungan kepada Paslon yang datang.

Jumlah tersebut, imbuh Hatimbulan, harus tersebar 50 persen di kecamatan yang ada.

"Dan syarat dukungan harus tersebar di 50 persen, berarti lebih dari tiga kecamatan. Dan minimal tersebar di empat kecamatan," ungkap pria yang membawahi divisi hukum di KPU Kota Padangsidimpuan.

Ketua KPU Arbanur Rasyid menambahkan, syarat dukungan yang sudah diserahkan akan dihitung kembali lewat petugas-petugas yang ada dan sesuai dengan masing-masing kecamatan.

"Penghitungan dilakukan secara manual, dan nanti disesuaikan serta diverifikasi kembali," sebut Arbanur.

Untuk jadwal penyerahan syarat dukungan, kata Arbanur, pihaknya masih membukanya hingga Rabu (29/11/2017) besok sampai pukul 00.00 WIB.

"Untuk penyerahan syarat dukungan hingga besok masih kita terima sampai pukul 00.00 WIB, dan untuk penghitungannya sampai selesai diproses," tukasnya.

Begitu juga Komisioner Panwaslih Kota Padangsidimpuan Ramadhan Sakti Siregar, sebagai pihak yang melakukan pengawasan, pihaknya berharap proses tersebut berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Syarat dukungan sebanyak 14.472 dapat dipenuhi dan mudah-mudahan dapat berjalan lancar. Dan kami doakan Paslon Irsan-Arwin dapat maju dan berjuang kedepannya," sebutnya mewakili komisioner Pawnwaslih lainnya.

Sementara Irsan Efendi Nasution menyampaikan, jumlah syarat dukungan yang diserahkan ke KPU Kota Padangsidimpuan sebanyak 20 ribu lebih dukungan yang tersebar di enam kecamatan dan 79 Kelurahan/Desa yang ada.

"Itupun akan dihitung kembali dan diawasi oleh petugas Panwaslih, berapa jumlah nanti yang didapat kami optimis dapat melebihi jumlah syarat dukungan yang ada dan tersebar di seluruh kecamatan di Kota Padangsidimpuan ini," ungkapnya.

Ditanya soal jabatannya sebagai Ketua Partai Golkar Padangsidimpuan dan memilih jalur perseorangan, Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan ini mengaku memerlukan langkah taktis politis dalam rangka menghitung dinamika yang akan terjadi pada akhir tahun nanti.

"Eskalasi politik nasional juga harus kita perhitungkan dengan baik. Tentu segala langkah, segala strategi juga harus kita perhitungkan," pungkas Irsan didampingi pasangannya Arwin Siregar.