LANGKAT-Ribuan warga sudah memadati di lapangan Kuala Bingai, Kecamatan Stabat, Langkat, Jumat (24/11/2017). Sesuai jadwal, sekitar pukul 09.15 WIB, Presiden Jokowi akan menyerahkan 7.000 sertifikat tanah kepada masyarakat dari Kabupaten Deliserdang, Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

Sebanyak 7.000 warga penerima sertifikat mulai memadati kursi tamu di bawah tenda Mereka merupakan penerima sertifikat hak kepemilikan tanah proyek nasional (prona).

Pantauan medanbisnisdaily.com, dari Kota Medan ada sekitar 50 bus yang mengangkut 2.500 orang penerima sertifikat. Satu per satu mulai memasuki area tenda tamu yang disediakan panitia.

Terlihat petugas Paspampres memeriksa mereka di pintu detektor. Banyak barang bawaan masyarakat dalam tas harus ditinggalkan di pos pengamanan.

Terlihat juga warga penerima sertifikat dari Deliserdang yang masih berjubel menuju area lapangan Kuwala Bingai.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Medan, Saiful, mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan 2.500 buku sertifikat tanah secara gratis/prona.

Sedangkan pengakuan Kepala BPN Kabupaten Langkat, Moren Naibaho, Langkat memberikan 2.000 buku sertifikat tanah.

"Hari ini 2.000 orang penerima sertifikat tanah kita undang untuk menerima sertifikat yang diberikan Bapak Presiden", katanya.

Terlihat 7.000 masyarakat telah masing-masing memegang buku sertifikat yang mereka dapatkan dari BPN.

"Sebelum berangkat ke Stabat, kami berkumpul di Kantor Camat untuk menerima buku sertifikat ini, kemudian kami ke Stabat untuk bertemu Pak Jokowi,” kata Suparni, salah seorang pemegang sertifikat tanah asal Kelurahan Kuwala Begumit, Kecamatan Binjai.