PALAS - Puluhan pejabat pengadaan barang dan jasa di Pemerintahan Kabupaten Padang Lawas mengikuti bimbingan tekhnis (Bimtek) sekaligus ujian sertifikasi yang difasilitasi Lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Bimtek yang berlangsung Selasa-Sabtu (25/11/2017) di Hotel Grandika Sibuhuan ini diikuti sebanyak 113 peserta yang terdiri PA dan KPA dan PPK

Direktur L. Peran Sumardin Hariady ditemui di Hotel Grandika, Kamis (23/11/2017) mengatakan, tujuan dari bimtek ini adalah meningkatkan pengetahuan, pengalihan, keterampilan dan kapasitas sumber daya aparatur di lingkungan pemerintah kabupaten Palas khususnya PA/KPA dsn PPK serta panitia pejabat pengadaan.

"Tujuannya agar memahami kondisi pengadaan barang dan jasa pemerintah yang terjadi saat ini dengan segala permasalahan yang timbul yang dapat digunakan sebagai pelajaran agar tidak terjadi kesalahan dalam lingkungan instansi," ungkapnya.

Materi Bimtek, kata dia, menyangkut aspek hukum pengadaan barang dan jasa serta menghadirkan narasumber Dedi dan Tarman dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Jakarta.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara Undrianus Uraiza mengatakan, peserta bimtek akan mengikuti ujian sertifikasi barang dan jasa, Sabtu(25/11/2017). Dari 113 peserta yang ikut ujian, akan dibagi dua sesi dengan persyaratan membawa laptop masing-masing dalam mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan ujian sertifikasi barang dan jasa pemerintah.

Tujuan kegiatan ujian sertifikasi ini, dalam upaya peningkatan dan pemahaman barang dan jasa pemerintah.

"Peserta yang ikut ujian, memenuhui syarat administrasi dan status peserta tidak diblacklist oleh LKPP," terangnya.

Selain itu, kata dia, ketentuan lainnya, peserta belum pernah memiliki sertifikat ahli pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Kegiatan ujian sertifikasi barang dan jasa pemerintah yang dilaksanakan LKPP berbasis online," pungkasnya.