MEDAN-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi Kota Medan dilanda hujan pada hari ini hingga akhir pekan.

Bahkan, hujan juga melanda hampir di seluruh daerah lainnya yang termasuk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).
 
Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan mengungkapkan, secara umum potensi hujan di Medan dan daerah lainnya di Sumut memang masih tinggi. Hujan yang akan terjadi pada siang, sore, malam dan dini hari.

"Tiga hari ke depan masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hujan kali ini diprediksi disertai petir atau kilat," ujar Syahnan melalui pesan WhatsApp, Kamis (23/11).
 
Disebutkannya, hujan diperkirakan dengan suhu 22-32 derajat celcius dan kecepatan angin mencapai 20 km per jam.

Menurut Syahnan, meningkatnya curah hujan karena adanya gangguan cuaca di Laut Samudera Hindia dan Cina Selatan. Gangguan cuaca pada kedua lautan tersebut sangat mempengaruhi curah hujan di Sumatera Utara.

"Secara ilmiah, ada gangguan pada daerah tekanan rendah menyebabkan pertumbuhan awan yang cukup kuat. Akibat gangguan tersebut, berdampak pada pola hujan di Sumatera Utara," ungkapnya.

Ia menambahkan, beberapa daerah di Sumut diharapkan mewaspadai curah hujan yang lebat disertai petir yang dapat menyebabkan banjir di daerah bantaran sungai dan longsor di wilayah pegunungan.
 
Di antaranya Rantau Prapat, Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Kisaran, Lima Puluh, Aek Kanopan, Kota Pinang dan Balige.