JAKARTA - Penyidik KPK malam-malam menyambangi kediaman Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Golkar, yang juga tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto.

Namun kolega Novanto di partai, yakni Mahyudin, menyebut Novanto tak ada di rumah. Lalu di mana Novanto? 

Rabu (15/11/2017) pagi, Novanto ngantor ke DPR. Dia menghadiri dan membacakan pidato pembukaan masa persidangan kedua DPR tahun sidang 2017/2018.

Setelah memimpin rapat, Novanto memberi sedikit komentar soal perkaranya di KPK. Kata Novanto, dia tak akan memenuhi panggilan KPK sebelum MK memutuskan uji materi Pasal 46 UU KPK tentang pemeriksaan tersangka.

"Ya kita ujilah. Sama-sama kita uji supaya nggak ada perbedaan-perbedaan," ucap Novanto. 

Hari ini Novanto sedianya dipanggil KPK untuk diperiksa sebagai tersangka kasus e-KTP. Novanto memilih tak hadir dengan alasan ada rapat pimpinan DPR. 

Benar saja, seusai rapat paripurna, Novanto menuju gedung Nusantara III, tempatnya biasa sehari-hari ngantor. Siang harinya, pengacara Fredrich Yunadi dan Sekjen Golkar Idrus Marham menyambangi Novanto. 

Tidak diketahui persis apa yang dibicarakan ketiganya saat bertemu. Fredrich dan Idrus sempat diwawancarai wartawan terkait kasus hukum Novanto pada sore hari, sekitar pukul 16.01 WIB, sebelum beranjak dari gedung DPR. 

Hingga pukul 17.30 WIB, Novanto tak tampak turun dari ruangannya. Namun kabar menyebut Novanto telah pergi dari DPR saat Idrus dan Fredrich keluar dari ruangannya. 

Sampai kedatangan KPK ke kediamannya malam ini, hingga pukul 00.12 WIB, Kamis (16/11/2017), Novanto tak diketahui keberadaannya. Lalu di mana Setya Novanto?. ***