BANDA ACEH - ‎‎Polisi menyita dua buah gading gajah di saat Ope‎rasi Zebra Rencong 2017 di depan Mapolsek Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang, Aceh, Selasa (14/11/2017) malam, sekira pukul 21.45 WIB.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui‎ Direktur Dit Reskrimsus, Kombes Pol Erwin Zadma mengatakan, ke dua gading tersebut disita dari tersangka beriinisial SD (46), warga Kecamatan Peureulak, Aceh Timur.
 
"‎Kedua gading disita dari tersangka yang dibawa menggunakan mobilnya dan terjaring Ops Zebra Rencong 2017 di Aceh Tamiang kemarin. Sepasang gading ini panjangnya 80 centimeter dan berat 10 kilogram," ujarnya saat ditemui di Mapolda Aceh, Rabu (15/11/2017).
 
Ia menjelaskan, ‎penangkapan dilakukan berdasarkan informasi masyarakat bahwa yang bersangkutan membawa dua buah gading gajah menggunakan mobil jenis Toyota Avanza bernomor polisi BK 1506 QM yang melaju dari arah Aceh Timur menuju Medan.
 
"‎Selanjutnya, tim melihat bahwa mobil yang dikendarai tersangka telah ditilang Satuan Lantas Polres Aceh Tamiang karena tidak memiliki dokumen yang sah. Setelah digeledah, gading ditemukan di lantai mobil bagian belakang yang dibungkus karung plastik warna putih," jelasnya.
 
‎Saat dimintai keterangan, tersangka mengaku bahwa gading hewan yang dilindungi tersebut miliknya. Rencananya gading tersebut akan dibawa ke Medan. Saat ini tersangka dan barang bukti masih diamankan di Mapolres Aceh Tamiang guna dilakukan penyelidikan dan pengembangan lanjut.
 
"Tersangka dipersangkakan melanggar Pasal 40 Ayat 2 jo Pasal 21 Ayat 2 huruf (d) UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem," tambah Kombes Pol Erwin Zadma.
 
Seperti informasi beredar sebelumnya, ada seekor gajah jantan mati diduga tersetrum listrik di Aceh Timur. ‎Diketahui bahwa gajah tersebut kehilangan gading sepanjang 80 centimeter dengan berat 10 kilogram.
 
‎Hilangnya gading gajah tersebut diketahui saat ditemukannya bangkai gajah yang terkubur, serta ditemukan racun untuk gajah di kawasan Gampong Listen, yang merupakan kawasan hutan lindung. Saat ini, polisi‎ masih menyelidiki lanjut terkait gading gajah tersebut untuk mengetahui kebenarannya.