MEDAN - Wali Kota Medan, H T Dzulmi Eldin berharap ada satu kelurahan di Kota Medan yang menjadi Kelurahan Sadar BPJS Kesehatan. Artinya, seluruh warga yang ada di kelurahan itu sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Hal ini penting dilakukan untuk menginspirasi sekaligus memotivasi warga agar mau menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan demikian kesehatan seluruh masyarakat akan terproteksi dengan baik.

Harapan ini disampaikan Wali Kota ketika menerima audiensi Kepala BPJS Cabang Kota Medan dr Ari Dwi Aryani didampingi sejumlah staf di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (14/11/2017).

Dijelaskan Wali Kota, kesehatan itu sangat penting, sebab merupakan faktor utama untuk melakukan aktifitas secara optimal yang sangat menentukanterhadap prestasi maupun produktifitas. Oleh karenanya dia berharap agar seluruh warga Kota Medan menjadi peserta BPJS Kesehatan baik itu BPJS BPI (Penerima Bantuan Iuran) maupun BPJS Non PBI (Bukan Penerima Bantuan Iuran).

“Program BPJS yang dibuat Bapak Presiden sudah cukup bagus. Apalagi saat ini jika sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, bisa dipergunakan dimana saja untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk itulah saya berharap agar seluruh warga Kota Medan terdaftar menjadi peserta BPJS,” kata Wali kota.

Lantaran menilai pentingnya BPJS Kesehatan bagi warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, Wali Kota pun minta kepada kadis Kesehatan Kota Medan Usma Polita yang ikut mendampingi dalam audiensi agar bekerjasama dengan organisasi perangakat daerah (OPD) terkait agar membuat satu kelurahan di Kota Medan menjadi Kelurahan Sadar BPJS Kesehatan.

Wali Kota berharap kelurahan itu selanjutnyan akan menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya di Kota Medan agar seluruh warganya terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Guna mendukung kelancaran rencana tersebut, Eldin pun minta dilakukan kerjasama dengan stakeholder yang ada.

Selain membuat kelurahan percontohan BPJS, Wali Kota juga menyarankan kepada pihak BPJS dan Dinas Kesehatan Kota Medan terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan begitu masyarakat dengan penuh kesadaran akan masuk menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Sementara itu Kepala BPJS Cabang Kota Medan dr Ari Dwi Aryani sangat mengapresiasi dan emngucapkan terima kasih atas rencana Wali Kota untuk membuat satu Kelurahan Sadar BPJS Kesehatan. Sebab, rencana itu bertujuan untuk mengajak masyarakat mau mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Dwi Aryani mengungkapkan, saat ini dari jumlah 2,4 juta jumlah penduduik di Kota Medan, sekitar 2,2 juta.

“Artinya, sudah 90% penduduk Kota Medan yang terdaftar menajdi peserta BPJS Kesehatan. Sudah itu Pemko Medan sendiri menjamin atau membayarkan sekitar 250 ribu penduduknya menjadi peserrta BPJS Kesehatan,” jelas Dwi Aryani.