MEDAN|Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sepertinya keceplosan saat menyampaikan pidatonya pada acara deklarasi Erry Nuradi sebagai calon Gubsu dan pelantikan pengurus DPW Partai Nasdem Sumut, di Lapangan Merdeka, Medan.

Ia meminta semua kepala daerah di Sumut mendukung Gubernur Sumut (Gubsu) Erry Nuradi, yang juga Ketua DPW Partai Nasdem, maju kembali dalam PIlgubsu 2018 agar terpilih lagi jadi gebermur untuk periode kedua.

Sebagaimana disebutkan penyelenggara, terdapat 15 kepala daerah aktif baik walikota maupun nupati yang menghadiri acara deklarasi dukungan Nasdem kepada Erry Nuradi menjadi calon gubernur. Di antaranya Walikota Medan Dzulmi Eldin, Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Walikota Sibolga Syarfii Hutauruk, Plh Bupati Batubara Hari Nugroho dan sebagainya.

"Saya minta kepada kepala-kepala daerah kabupaten/kota agar kita bersinergi dengan Erry Nuradi agar terpilih kembali menjadi gubernur pada periode kedua. Walikota Medan tolong beri penjelasan kepada warga Medan agar mereka tahu Erry Nuradi yang terbaik," kata Surya sambil mengarakan pandangannya kepada Dzulmi Eldin.

Sebelumnya, Erry Nuradi dalam sambutan atas ditetapkannya dirinya menjadi calon gubernur dari Nasdem juga menyatakan hal serupa. Atas nama sinergi dia meminta seluruh kepala daerah mendukung dirinya.

Berdasarkan ketentuan Komisi Pemilihan Umum setiap kali penyelenggaraan Pemilihan Umum selalu dikatakan agar kepala-kepala daerah tidak berpihak ke kandidat manapun. Mereka harus independen.

Apakah Surya Paloh tidak mengetahui ketentuan tersebut?