PALAS - Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Padang Lawas melakukan inventaris atau sensus barang milik daerah ke seluruh SKPD dan sekolah-sekolah. Kabid Asset, Sahrin Siregar saat ditemui, Senin (13/11/2017) disela pemeriksaan asset di SDN 0104 Sibuhuan mengatakan, inventaris atau sensus asset daerah ini dimulai Oktober-Desember 2017.

"Inventaris ini dilakukan agar seluruh barang milik daerah tercatat dan diketahui kondisinya. Apakah kondisinya keadaan baik, kurang baik, rusak berat, atau hilang karena kelalaian dan pencurian," ungkapnya.

Pelaksanaan inventaris asset ini, kata Sahrin, berdasarkan SK Bupati Palas Nomor : 028/328/KPTS/2017 tentang pembentukan tim sensus barang milik daerah Kabupaten Palas tahun anggaran 2017.

Menindaklanjuti SK Bupati, sambung dia, 17 Tim Asset terjun langsung ke sekolah-sekolah dan SKPD di jajaran Pemkab Palas dengan sistem jemput bola yang tujuannya melakukan inventaris dan sensus barang milik daerah.

"Kepada seluruh pimpinan atau pemakai barang milik daerah, untuk menyiapkan data-data barang asset daerah pada saat sensus berlangsung agar kegiatan pelaksanaan inventaris dapat berjalan maksimal sesuai yang diharapkan," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 0104 Sibuhuan, Hj Arniaty Rianah didampingi pengawas UPTD Pendidikan Kecamatan Barumun Sarijah Siregar mengatakan, kehadiran Tim Asset yang langsung turun ke sekolah-sekolah, cukup membantu mereka dalam pendataan inventaris barang milik daerah dari mulai asset bergerak maupun asset tidak bergerak seperti gedung dan inventaris lainnya yang ada di lingkungan sekolah.

"Harapan kita ke depan, semua jenis inventaris asset milik daerah dapat tertata dengam baik dan tercatum secara resmi di bidang asset, sehingga dapat diketahui secara jelas jumlah keseluruhan asset sah yang ada di sekolah," pungkasnya.