MEDAN-Perangkat Kelurahan Mabar Hilir bersama elemen masyarakat serta PT PHPO (Permata Hijau Palm Oleo) lakukan pembersihan sampah di sepanjang Jalan Mandara, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli.

Kegiatan pembersihan sampah tersebut dilakukan oleh seluruh kepala lingkungan di kawasan Kelurahan Mabar Hilir, anggota Ranting IPK Mabar Hilir, PUK IPK Mabar Hilir, anggota LPM Mabar Hilir, anggota Ranting GRANAT Mabar Hilir serta karyawan PT PHPO.

Pembersihan sampah sedari pagi hari itu dilakukan dengan menggunakan eskavator serta satu buah truk pengangkut sampah. Sampah menggunung serta yang telah menyumbat parit di sepanjang Jalan Mandara lalu diangkut menuju TPA Terjun.

Menurut Humas PT PHPO Martua Daulay, kalau kegiatan pembersihan sampah itu merupakan agenda dari pihak perusahaan dan ke depannya bakal terus dilakukan mereka.

"Kegiatan pembersihan sampah ini kita lakukan karena selain menjadi tanggungjawab perusahaan, kebersihan menjadi tanggung jawab bersama untuk menciptakan Kota Medan yang bersih," ucap Daulay.

Lain halnya, Umardhani Ketua Ranting IPK Mabar Hilir, kegiatan pembersihan sampah dilakukan untuk memberi rasa tanggung jawab terhadap anggotanya kalau membuang sampah pada tempatnya adalah merupakan disiplin juga.

"Mulai dari hal yang paling kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya . Kita dapat mendidik mereka untuk berlaku disiplin," ucap Umar yang diamini seluruh anggotanya.
 
Terpisah Lurah Kelurahan Mabar Hilir, M Hamidi Lubis, Selain menjadi tanggung jawab warga, kebersihan Kelurahan Mabar Hilir adalah merupakan tanggung jawabnya bersama seluruh Kepling.

"Kebersihan di kelurahan menjadi tanggung jawab kita selain para warga. Namun jangan pula karena ditanggung jawabi kelurahan warga bisa membuang sampah sembarangan. Intinya kebersihan adalah tanggung jawab bersama-sama," kata Hamidi.