INDIA - Setelah menghadiri undangan The 3rd Asia Local Government For Organic Agriculture (ALGOA) Summit (Kongres Tingkat Tinggi III) di Korea Selatan tentang penelitian pertanian organik, kini Bupati Sergai Ir H Soekirman kembali mendapat undangan keluar negeri. Undangan kali ini, orang nomor satu di Kabupaten Sergai itu mendapat kesempatan menghadiri Kongres Dunia Sedunia International Federation of Organic Agriculture Movements (IFOAM) ke-19 dilaksanakan di Greater, Nodia Delhi, India.

Pada kesempatan itu, Soekirman melihat pameran tanaman organik dari para petani India. Pada pemeran itu beragam tanaman organik hasil pengembangan para petani India dipamerkan di sana.

Bupati Sergai Ir H Soekirman, Minggu (12/11/2017) mengatakan, diundangnya Sergai ikut menghadiri IFOAM ke 19 di India terkait masalah sertifikasi sekaligus dalam mengembangkan tanaman organik.

“Pada Organic World Congress (OWC) ini, India menjadi pusat tanaman organik dunia,” terangnya.

Menurut Soekirman, masalah petani organik pada umumnya soal sertifikasi masih mahal harganya. Namun didunia Internasionalk masalah tersebut sudah dijawab dengan Participation Guarantee System (PGS).

“Dengan itu kita akan melobi Provsu, khususnya Dinas Pertanian untuk membantu subsudi sertifikasi kepada petani-petani kecil yang aplikasi organik,” bilang Soekirman.