MEDAN - Sekitar 5.000-an personel pengamanan diturunkan untuk mengamankan acara ngunduh mantu Bobby Nasution-Kahiyang Ayu, putri Presiden RI Jokowi, di Medan. Personel gabungan ini terdiri dari TNI, Polri, dan unsur lain. Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Cucu Somantri mengatakan, sejumlah unsur ini terus berkoordinasi. Ia pun mengklaim, ribuan personel telah siap untuk melakukan pengamanan tersebut.

"Jumlah personel sekitar lima ribuan. Kalau dari segi keamanan kami sudah siap dan seluruhnya sudah oke, tinggal pelaksanaan," kata Cucu saat meninjau kesiapan acara di sekitar kediaman Bobby di Taman Setiabudi Indah, Bukit Hijau Regency, Medan Selayang, Sabtu (11/11/2017).

Cucu mengatakan, para personel gabungan ini nantinya akan disebar ke sejumlah titik. Tidak hanya di lokasi digelarnya acara, mereka juga akan menjaga titik-titik rawan lain.

"Yang jelas di lokasi di mana objek VVIP berada. Kemudian rute yang akan dilewati dan titik-titik yang menjadi atensi," ujar dia.

Dalam kesempatan itu, Cucu melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi. Selain posko keamanan, mantan Kasdam I Bukit Barisan itu juga mengecek lokasi parkiran yang disiapkan untuk tamu.

Cucu dan rombongan pun mengunjungi lokasi lain, yakni rumah paman Bobby di Jl STM, Medan Amplas, yang menjadi lokasi pemberian marga Siregar untuk Kahiyang. Dia tampak didampingi Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin dan pihak keluarga.
"Tanggal 19 (November) itu pokoknya sudah seratus persen (persiapannya). Tanggal 20 sudah finishingnya saja," kata jenderal bintang dua itu.