LABUHANBATU - Tiga pelajar SD (Sekolah Dasar) asal Kabupaten Labuhanbatu, berhasil mengharumkan nama daerah ini di Kejuaraan Renang antar pelajar tingkat Propinsi Sumatera Utara, yang berlangsung di Medan pada 30-31 Oktober lalu. Hal ini disampaikan Ketua Pengurus Kabupaten PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Kabupaten Labuhanbatu, dr H Alwi Mujahid Hasibuan pada syukuran atas keberhasilan atlet renang Labuhanbatu pada Kejuaraan Renang Antar Pelajar Tingkat Provinsi Sumatera Utara, Rabu (8/11/2017) malam kemarin.

Adapun nama pemenang memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi yaitu untuk juara I lomba renang dengan jarak 59 meter gaya bebas putera dan gaya dada putera diraih Daffa Abiyyu Fatah.

Kemudian untuk juara III 50 meter gaya dada, diraih Muhammad Hafizul Ihsan. Sedangkan untuk tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama), anak Labuhanbatu, berhasil mengukir prestasi sebagai juara harapan I, di cabang lomba 50 meter gaya dada putera, atas nama Gilang Ramadhan.

Atas prestasi tiga pelajar Labuhanbatu tersebut, dr H Alwi Mujahid Hasibuan menyampaikan terima kasih dan penghargaannya.

"Mudah-mudahan pada tahun-tahun mendatang, akan lebih banyak lagi putera-puteri daerah ini, khususnya dicabang olahraga renang, yang mampu meraih prestasi, tidak saja ditingkat Sumatera Utara, tetapi juga sampai ke tingkat Nasional dan kalau mungkin tingkat Internasional," ucap mantan Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu.

Dirinya juga meminta agar anak-anak di Labuhanbatu untuk terus mengukir prestasi, tidak hanya di tingkat Propinsi Sumatera Utara saja, melainkan bisa sampai tingkat dunia.

"Kami sebagai pembina olahraga, khususnya di cabang renang, serta orangtua pasti bangga dengan prestasi putera-puterinya," sebut Alwi.

"Meraih prestasi tentulah tidak mudah. Sebagai atlet tentunya, prestasi hanya bisa diraih, dengan latihan yang sungguh-sungguh dan teratur. Bagi pengurus, agar mendapatkan prestasi atletnya lebih baik, haruslah disertai dengan pembinaan terus menerus," timpalnya kembali.

Menurut Alwi, pembinaan tidak mungkin bisa berjalan baik, manakala tidak didukung sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana akan tersedia, bila didukung dana yang cukup.

"Untuk itu, kiranya pengurus KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Labuhanbatu, dapat menyalurkan dana pembinaan olahraga tepat sasaran dan berdaya guna. Sehingga pengurus-pengurus cabang olahraga bisa membina atletnya secara maksimal," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua KONI Labuhanbatu, Yusrijal Siregar menyambut baik prestasi anak-anak daerah ini, yang mampu berprestasi di Kejuaraan Renang Antar Pelajar tingkat Propinsi SumateravUtara.

Yusrijal Siregar tidak lupa menyampaikan terima kasih dan penghargaannya, kepada pelajar-pelajar Labuhanbatu, yang berhasil mengharumkan nama baik daerah ini. Ucapan yang sama juga disampaikannya kepada Pengurus PRSI Labuhanbatu.

Dalam sambutannya, Yusrijal menyebutkan, cabang renang di tingkat Propinsi Sumatera Utara, kali ini belum termasuk sebagai cabang olahraga yang mendapat prioritas pembinaan menghadapi PON (Pekan Olahraga Nasional).

"Mudah-mudahan pada tahun-tahun mendatang, cabang olahraga renang bisa mendapat perhatian," harapnya.

Terkait dengan sarana dan prasarana pembinaan, Yusrijal meminta, agar pengurus PRSI bersama KONI, memohon kepada Bupati dan DPRD Labuhanbatu, agar membangun kolam renang yang memenuhi standar internasional di daerah ini agar memudahkan para atlet berlatih.

Sementara itu, acara syukuran yang penuh kekluargaan ini, selain dihadiri para atlet berprestasi, juga dihadiri beberapa atlet renang lainnya, serta orangtua atlet termasuk Pengurus PRSI kabupaten dan Pengurus KONI Labuhanbatu.