TAPANULI SELATAN - Pasca banjir yang menyerang beberapa wilayah di Kabupaten Tapsel akibat intensitas hujan yang tinggi, mengancam warga dan pengguna jalan yang melintas di Jalinsum Sipirok-Tarutung, Dusun Aek Sulam Desa Marsada Kabupaten Tapsel, Jumat (10/11/2017). Pasalnya, sebagian badan jalan amblas akibat longsor dan diduga kuat selain karena kondisi hujan, juga akibat banyaknya volume sampah di pinggir jalan yang dijadikan 'Tempat Pembuangan Sampah Umum' oleh masyarakat.

Kapolres Tapsel AKBP M Iqbal Harahap melalui Kasat Lantas AKP Muri Yasnal menyampaikan, pasca mendapat laporan terkait adanya bencana longsor di Jalinsum Sipirok-Tarutung Kilometer 45 Dusun Aek Sulum Desa Marsada Sipirok, pihaknya langsung turun ke lokasi dan melakukan pengamanan.

"Kondisi arus lalulintas sempat terkendala, selain jalan sempit juga sangat potensi terjadinya kecelakaan," ungkap Kasat, Jumat (10/11/2017).

Kata Muri, jalan amblas karena longsor akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari ini. Ditambah lagi, bagian pinggir jalan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat.

"Curah hujan tinggi dan bagian pinggir jalan yang dijadikan tempat pembuangan sampah, menumpuk dan tidak tertahan sehingga menyebabkan longsor," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, terutama kecelakaan lalulintas, pihaknya sudah melakukan upaya dengan cara menempatkan sejumlah personel di lokasi.

"Petugas kita tempatkan di lokasi untuk mengamankan arus lalulintas serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Dengan cara sistem buka tutup dan mengalihkan arus lalulintas ke jalan yang lain," sebutnya.

Kemudian, ungkap Muri, pihaknya sudah berkordinasi dengan sejumlah pihak seperti Dinas PUPR, Dishub, BPBD Kabupaten Tapsel guna mencari solusi agar kondisi jalan dapat segera diperbaiki.

"Kita juga sudah koordinasi dengan beberapa Dinas Pemkab Tapsel agar kondisi jalan dapat segera diatasi dan arus lalulintas dapat kembali seperti semula," ujarnya.

Dia menghimbau kepada pengguna jalan yang akan melintas agar tetap berhati-hati, apalagi kondisi cuaca tidak menentu dan selalu utamakan keselamatan dengan melengkapi alat-alat keamanan saat berkendara.