MEDAN-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan kembali mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca buruk di sejumlah kawasan yang ada di Sumatera Utara.


Dari pengamatan satelit BMKG, tercatat ada 25 kawasan yang bakal dilanda cuaca ekstrem.

"Menurut pantauan satelit kami, potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat terjadi pada pukul 08.10 WIB tadi di kawasan Batubara, Asahan, dan Tanjung Balai."

"Kemudian, hujan meluas ke kawasan Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Toba Samosir, Serdangbedagai, serta Tebingtinggi," kata Kepala Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Rabu (8/11/2017).

Ia mengatakan, hujan sedang hingga lebat yang terjadi di kawasan yang telah disebutkan di atas akan berlangsung hingga pukul 11.00 WIB. Kemudian, hujan kembali meluas ke Simalungun, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan Padang Lawas Utara.

Kemudian, sambung Syahnan, hujan juga akan turun di Padang Lawas Selatan, Langkat, Binjai, Deliserdang, Medan, Tanah Karo, Samosir, Tapanuli Utara, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Tengah.

Menurut pengamatan, di beberapa kawasan saat berita ini dibuat sudah terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Terkait cuaca buruk ini, masyarakat di Kota Medan yang kebetulan tinggal di bantaran sungai Deli masih merasa was-was. Sebab, bisa saja sewaktu-waktu air sungai kembali meluap seperti Selasa (7/11/2017) kemarin.

Karena air kiriman dari gunung, sedikitnya ratusan rumah warga tenggelam. Air mulai surut pada sore hari, meskipun saat itu kembali turun hujan dengan intensitas ringan.