PALAS - Peningkatan kualitas penduduk lewat pencanangan kampung Keluarga Berencana terus digalakkan Dinas Pengendalian Kependuduk KB dan Perberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Padang Lawas. "Kegiatan ini dalam upaya memotivasi dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat pra sejahtera maupun sejahtera, terkait pentingnya KB dalam menciptakan keluarga kecil yang sehat dan sejahtera," kata Kadis Pengendalian Kependudukan KB dan Pemberdayaan Peremouan serta Perlindungan Anak, H. Amir Soleh Nasution, Senin (6/11/2017) di Desa Pangikiran Dolok, Kecamatan Barumun Tengah.

Adapun tujuan kampung KB ini, kata dia, yakni meningkatkan kualitas kesejahteraan keluarga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

"Makanya pencanangan Kampung KB di Kabupaten Palas akan terus didorong," ujar Amir.

Selain itu, sambung dia, dengan adanya Kampung KB ini diharapkan dapat mempercepat penuntasan kemiskinan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam kegiatan KB. 

"Saya berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, agar Kampung KB dapat berguna bagi masyarakat sekitar. Dan pencanangan sesuai dengan tujuan pelaksanaannya," pintanya.

"Angka ini memang masih jauh dari harapan guna mensukseskan program KB. Ke depan kami harapkan perugas ini bisa lebih ditingkatkan lagi," kata Kepala Dinas Pengendalian kependudukan KB dan Pemberdayaan Perempuan serta Perlindungan anak," Amir Soleh Nasution.

Di kesempatan acara kampung KB, dilaksanakan bakti sosial berupa penyalanan gratis kepada pasangan usia subur, pemasangan implan KB dan suntik dengan sasaran sekitar 100 orang warga Desa Pangikiran Dolok.

Sementara itu, Ketua TP PKK Palas Hj Yusra Ali Sutan mengajak masyrakat untuk memahami makna pentingnya ber-KB. Karena dengan mengikuti program KB, dapat mengatasi angka kelahiran anak, sehingga kualitas pendidikan bagi anak lebih baik.