MEDAN - Musyawarah Seniman pembentukan Dewan Kesenian Sumatera Utara telah berlangsung di Novotel Shoci Medan, Sabtu (21/10/2017) Baharuddin Saputra, SH terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum DKSU periode Tahun 2017-2022.

Dan ibu Evi Diana Sitorus (Ketua PD Dharma Wanita Sumut sebagai Ketua Dewan Penasehat).

“Dengan terbentuknya DKSU maka Dinas Budpar dan UPT Taman Budaya Sumut mempunyai mitra kerja untuk mengakomodir kegiatan Kesenian dan Kebudayaan bahkan Pariwisata di Sumatera Utara. Kerjasama DKSU kami harapkan menjadi suport untuk kemajuan Sumut” ujar Kadis Budpar Drs Elisa Marbun MSi saat membuka secara resmi musyawarah mewakili Gubsu.

Disebutkan dengan formasi kepengurusan saat ini yg di isi oleh sejumlah nama seniman, akademisi dan penggiat seni di setiap cabang seni teater, sastra,musik, tari, rupa, film, fotografi, dan mulimedia. Diyakini akan menggairahkan geliat kesenian dan kebudayaan Sumut lebih menyentuh masyarakat luas. Lebih jauh menghidupkan iklim berkesenian yang sehat, visioner dan membanggakan.

Sementara itu Baharuddin Saputra, SH selaku Ketua DKSU menegaskan, pihaknya telah menghimpun sejumlah “orang seni” yang mumpuni di bidangnya masing masing dan bertekad untuk bersinergi dengan moto “Berpikir Indah” untuk mendukung pembangunan Sumatera Utara.

Di sampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Disbud Budpar Sumut yang telah mempasilitasi berlangsungnya musyawarah pembentukan DKSU, karena sejak tahun 2009 keberadaan DKSU tidak aktif.