JAKARTA - Timnas Korea Selatan berhasil memecundangi Timnas Indonesia U-19 dengan skor 4-0 dalam pertandingan yang digelar di Paju Public Stadium, Sabtu (4/11).

Pada babak pertama, Indonesia tertinggal 1-0 oleh Korea Selatan. Lewat kaki Um Won-Sang, pertahanan Indonesia dibobol di menit ke-9.

Korea Selatan mendominasi permainan, meski beberapa kali Timnas Indonesia berusaha meredam pergerakan tim tuan rumah. Namu, skor 1-0 untuk keunggulan Korsen bertahan hingga jeda.

?Pada babak kedua, Korea Selatan U-19 nyaris membobol gawang Indonesia melalui sepakan Seon Sejin di menit ke-52. Namun, tembakan kerasnya dari luar kotak penalti menerpa sisi kanan tiang gawang Muhammad Aqil Savik.

Pertahanan Indonesia tidak bisa diselamatkan lagi di menit ke-58. Aqil tak mampu menahan derasnya sundulan Oh Sehun.

Umpan silang Lee Kyuhyuk dari sisi kiri mampu ditanduk Oh Sehun. Indonesia tertinggal 0-2 dari Korsel.

Tak berselang lama, gawang Aqil kembali kebobolan dengan aksi um Wonsang di menit ke -61. Gol ketiga ini terjadi karena blunder Aqil.

Alih-alih memberikan umpan lemparan kepada Samuel Christianson, bola justru direbut Wonsang dan engan mudahnya dia melepaskan tembakan keras masuk ke gawang.

Setelah melakukan blunder terhadap gol ketiga Korsel, Aqil kembali cemerlang di menit ke-71. Ia berhasil menggagalkan sundulan Cho Young Wook. 

Timnas Indonesia U-19 benar-benar menjadi bulan-bulanan para pemain Korea Selatan. Gawang Aqil kebobolan untuk kali keempat berkat kesalahan koordinasi menghalau tendangan bebas Korsel di menit ke-76.

Di lima menit terakhir, Indonesia berusaha mencetak gol dengan melakukan serangan total. Namun mereka tak memiliki peluang untuk dikonversikan menjadi gol hingga peluit wasit mengakhiri pertandingan.

Hasil negatif ini membuat Indonesia melorot ke urutan ketiga klasemen sementara Grup F dengan koleksi enam poin. Sementara Korea Selatan dan Malaysia berhak menempati peringkat pertama dan kedua meski sama-sama mengemas enam poin. Pertandingan ini juga berbeda, dimana pada laga sebelumnya Timnas justeru trengginas saat melibas Brunai dan Timles.

Selanjutnya Egy Maulana Vikri dkk akan menghadapi Malaysia di laga pamungkas yang akan digelar di Stadion Paju Public, Senin (6/11). ***