PADANG SIDIMPUAN - Bagi para pengendara khususnya warga Kota Padangsidimpuan diharap berhati-hati bila melintas di Jembatan Sihitang, Kelurahan Sihitang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimluan. Pasalnya, pada badan jalan ada lubang yang mengancam keselamatan para pengendara. Pantauan media, jalan rusak dan berlubang di jembatan Sihitang tersebut semakin hari semakin parah, diperkirakan tidak lama lagi aspal akan semakin hancur dan runtuh ke bawah jembatan.

A Simamora (40), salah satu pengendara yang sedang melintas, Senin (30/10/2017) kepada GoSumut mengatakan, dalam dua hari ini saja kerusakan aspal di sekitar lubang semakin melebar.

"Kalau sebelumnya lubang ini hanya berkisar setengah meter kini sudah melebihi satu meter dan lubangnya sudah tembus ke sungai. Beruntung besi masih menahan aspal, kalau tidak aspal akan runtuh," ucap Simamora.

Apabila kondisi jalan yang semakin parah di jembatan ini tidak segera diperbaiki, tidak menutup kemungkinan aspal akan runtuh secara perlahan. Sehingga jembatan di jalan lintas Sumatera Utara yang menghubungkan Padangsidimpuan-Panyabungan ini akan menghambat kelancaran lalu lintas.

"Kami berharap pemerintah secepatnya memperbaiki aspal di jembatan ini, sebelum ada korban jiwa berjatuhan bila melintas di atas jembatan ini," tambah Simamora.

Sementara itu, Iwan (39) salah seorang tokoh masyarakat Sihitang mengatakan, kerusakan aspal di atas jembatan Sihitang ini tidak boleh dibiarkan berlama-lama. Apalagi jembatan ini akses satu-satunya jalan provinsi Sumatera Utara menuju Kabupaten Madina dan ke Sumatera Barat.

"Saya melihat kerusakan aspal ini sudah semakin parah hanya berkisar 3 hari aspal sudah semakin amblas. Tidak lama lagi aspal amblas ini akan runtuh ke sungai dan lobang pasti menganga," cetusnya.

Aspal yang amblas sendiri sudah memakan lebih dari setengah badan jalan yang hanya berdiameter kurang dari 6 meter ini. Bila sudah badan jalan diatas jembatan berlubang tentu pengendara akan kesulitan melintas.

"Kondisi seperti ini saja pengendara sudah saling menghindar lubang mencuri bagian jalan yang masih bagus, tentu ini akan memicu kecelakaan. Apalagi kendaraan yang melintas di jembatan ini umumnya kecepatan tinggi," tandasnya.