MEDAN - Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh kaum muslimin. Dalam menunaikannya, kini umat Islam semakin dimudahkan dengan kehadiran Zakatpedia.com dan Zakat Game. Kedua inovasi secara online ini dipercaya dapat memudahkan masyarakat Sumut dalam berzakat, atau menunaikan infaq dan sedekah.

"Zakatpedia.com adalah inovasi berbasis web dengan tagline 'Berzakat Semudah Menggerakkan Jari Tangan', ini dibuat untuk memudahkan siapa saja khususnya para muzakki yang ingin menunaikan zakat, infaq, dan sedekahnya. Caranya hanya dengan mengunjungi website dan selanjutnya akan diarahkan, ikuti saja langkah-langkah yang tertera," ujar Kepala Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumut, Iqbal Farizi di Hotel Grandhika Medan, Selasa (24/10/2017).

Sementara itu, Zakat Game adalah permainan yang mirip dengan monopoli. Dalam permainan ini, akan ada uang mainan, kertas perhitungan zakat dan lainnya yang telah dirangkai dengan baik.

"Jadi untuk memahami zakat bisa lebih santai," katanya.

Produk game ini belum dijual secara bebas. Namun, di akhir acara pihak IZI menyumbangkan seperangkat Zakat Game ini kepada Baznas Sumut, Kanwil Kemenag Sumut, dan pada pemenang pada simulasi Zakat Game yang dilaksanakan dalam acara tersebut.