MEDAN-Konseler Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kualalumpur Malaysia, akan memberikan bantuan pada Muhammad Gunawan Syahputra (21) warga Jalan Melati Sari Rejo Medan Polonia.

Rencana pemberian bantuan dari Konseler KBRI di Malaysia, berupa pemberian tiket dan pembayaran denda, pada keimigrasian Malaysia.

Pernyataan tersebut disampaikan Diah konseler KBRI di Malaysia, via pesan singkat (whats app) pada Kordinator Rumah Aspirasi Prananda Surya Paloh, Gandi F Manurung dan perwakilan Partai NasDem di Kualalumpur Malaysia, Tengku Adnan.

"Bantuan yang bisa diberikan (KBRI) berupa pemberian tiket pemulangan (pesawat) dan pembayaran denda pada pihak keimigrasian Malaysia" ujar Diah pada Gandi Manurung.

Dengan syarat, sambung Diah, yang bersangkutan fit to fly dan dapat duduk dalam kondisi normal." Karena kita dapat informasi dari rumah sakit (RS Kajang) Selangor, yang bersangkutan masih dalam kondisi kritis. Belum bisa terbang karena penyakit TBC. Biasa pihak rumah sakit tidak mengizinkan karena yang bersangkutan mengalami penyakit menular," ujar Diah.

Sementara itu Gandi Manurung mengatakan, pemulangan Muhammad Gunawan ke Medan sedang di upayakan." Begitu kita mendapatkan kabar soal Gunawan, kita langsung mengkomunikasikan pada saudara Tengku Adnan yakni perwakilan Partai NasDem di Malaysia,"ujar Gandi.

Atas info itulah, sambung Gandi, saudara Tengku Adnan, langsung mengecek langsung Dermawan mendapatkan perawatan di Hospital Kajang Selangor.

"Dia, dirawat WAD 2 bed no 24. Namun,  pemulangan Gunawan, tidak serta merta bisa langsung dipulangkan melihat kondisi yang seperti itu. Intinya kita sudah mengupayakan pemulangan Gunawan dengan mengkoordinasikan pada KBRI. Kita sudah maksimal. Kita juga berharap ada perhatian dari Pemerintah Propinsi dalam hal ini gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi, untuk memberikan perhatian dan bantuan terhadap Gunawan. Karena ia warga negera Indonesia yang berdomisili di Sumatera utara khususnya Kota Medan," tegas Gandi.

Sebelumnya tim Prananda Surya Paloh Center, sudah menyambangi rumah orang tua Muhammad Gunawan di Jalan Melati Sari Rejo Medan Polonia. Orang tua Gunawan, Maimunah berharap agar anaknya tersebut dapat dipulangkan.

"Kami berharap pada para dermawan dan juga gubernur Sumatera utara untuk dapat membantu pemulangan anak kami ini, untuk dapat perawatan di Medan," harap Maimunah