MEDAN-Harga tomat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Tidak jauh, berbeda dengan komoditas cabai, tomat juga kerap memberikan kontribusi tekanan laju inflasi jika harganya naik tajam.

Harga tomat yang sebelumnya diperdagangkan dikisaran Rp6.000 hingga Rp8.000 per kg, saat ini dijual dengan harga berkisar 15.000 per kg.

"Hitungan saya, harga tomat ini akan menjadi penyumbang inflasi yang besar di bulan ini (Oktober). Jika kenaikan harga tomat saat ini masuk dalam hitungan besaran tekanan inflasi di bulan ini. Namun kalaupun tidak, dan harganya bertahan hingga bulan depan, maka tomat akan menjadi penyumbang kenaikan inflasi di bulan selanjutnya," kata pengamat ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin, Kamis (19/10).

Menurutnya, meski demikian secara keseluruhan harga kebutuhan pokok masyarakat belakangan ini masih cukup stabil. Dengan kata lain, tidak mengalami fluktuasi yang cukup besar.

"Laju inflasi di bulan ini akan jauh lebih baik dibandingkan realisasi bulan kemarin yang nyaris mendekati 1 persen (0,99 persen)," tandas Gunawan.