MEDAN|Perayaan Deepavali 5119 Kaliyuga yang akan dilaksanakan Umat Hindu pada Rabu, 18 Oktober 2017, membawa begitu banyak pesan-pesan moral. Hal ini dikatakan salah satu tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi.

"Perayaan Deepavali 5119 Kaliyuga itu untuk merayakan hari kemenangan Rama atas Rahwana, atau juga dilambangkan sebagai kemenangan kebaikan (dharma) atas kejahatan (adharma)," kata Edy.

Diungkapkannya, perayaan Deepavali membawa begitu banyak pesan-pesan moral, pesan berbuat kebaikan, mengajarkan perilaku rendah hati, pelayanan sosial dan sebagainya. Karena itu, Deepavali sesungguhnya juga membawa pesan untuk bisa melakukan perubahan-perubahan besar di dalam hidup.

Atas dasar itu, Edy Rahmayadi yakin, melalui perayaan Deepavali, Umat Hindu dapat meningkatkan kualitas keimanan dan pembaktian diri. Umat Hindu dapat Iebih menata perbuatan, perkataan dan pikiran yang baik.

"Hubungan vertikal dan horizontal ini, diharapkan akan melahirkan kehidupan yang abadi dan kebahagiaan sejati," ungkapnya.

Edy menegaskan, nilai-nilai kebaikan dan kebajikan dalam perayaan Deepavali sungguh penting artinya dalam membantu Sumut, dimana, Provinsi Sumut adalah provinsi yang beragam etnis budaya dan saling menghargai.

"Sumut sebagai provinsi yang selalu terbuka, saya berharap agar perayaan Deepavali dapat menjadikan Umat Hindu di Sumut memiliki filter yang baik terhadap derasnya perkembangan informasi di era globalisasi, yang akan terus menekan kepada kerukunan sosial yang sudah dimiliki selama ini," pungkas Edy.