JAKARTA - PSSI bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pengembangan sepak bola di tanah air.

Selain mengajukan konsep filosofi sepak bola Indonesia atau yang disingkat Filanesia, PSSI juga menawarkan kursus lisensi kepelatihan sertifikat D Nasional kepada para guru olahraga SMP di daerah-daerah.

"Kita ingin melibatkan lebih banyak stakeholder untuk pengembangan sepak bola. Kerja sama ini penting karena banyak pemain muda berada pada rentang usia sekolah," kata Direktur Teknik dan High Performance Unite (HPU) PSSI Danurwindo.

Untuk memuluskan kerja sama itu PSSI langsung menggelar pertemuan dengan pihak Kemendikbud, Selasa (17/10/2017).

Pihak PSSI diwakili pelatih yang juga menjadi staf HPU Barry Sidik. Sementara pihak Kemendikbud yang hadir yakni Direktur Pembinaan SMP Dr. Supriano, M.Ed dari Direktorat Pembinaan SMP, Dirjen Dikdasmen, Kemendikbud.

Dalam pertemuan ini juga dijajaki konsep penguatan Liga Pendidikan tahun depan yang disinergikan dengan pembinaan pelatih dan mencetak pemain-pemain berkualitas sejak SMP.

Seperti tercantum di Filanesia, rentang usia siswa SMP termasuk dalam fase kedua pertumbuhan pesepakbola yang dinamakan pengembangan kemampuan bermain, dan juga merupakan saat-saat keemasan pertumbuhan motorik dan intelegensi anak.

Maka dari itu PSSI ingin mensinergikan bersama-sama dengan Kemendikbud agar fase pertumbuhan ini juga bisa dimaksimalkan.

Berdasarkan data statistik dari Kemendikbud, jumlah siswa SMP tahun 2016 adalah sebanyak 10.040.277 siswa.

Angka sebesar ini tentu sangat menjanjikan apabila dikelola dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga cita-cita besar Presiden yang mempercepat pembangunan sepakbola nasional  akan lebih cepat terealisasi.

Supriano, mengatakan kerja sama ini merupakan aksi dari arahan Presiden yang ingin mempercepat pembangunan manusia lewat sepakbola.

"Kegiatan ini menurut saya secara langsung mendukung arahan dari bapak Presiden tentang percepatan sepak bola nasional,  termasuk nanti kita merumuskan liga Gala Siswa Piala Presiden. Saya harap PSSI dapat membantu semaksimal mungkin," ujarnya. ***