JAKARTA - Di tengah duka yang sedang menyelimuti sepak bola Indonesia, tetap saja ada setitik cahaya. Ya, ini adalah sedikit hiburan saja: peringkat Indonesia yang naik dalam peringkat FIFA pada rilis terbaru yang dikeluarkan oleh federasi sepak bola tertinggi dunia itu.

Dalam rangking yang baru saja FIFA keluarkan itu, Indonesia naik empat tingkat dari posisi ke-169 ke 165 dengan torehan 117 poin. Hasil imbang saat menghadapi Fiji diduga kuat memengaruhi naiknya posisi Indonesia di klasemen tersebut.

Perubahan posisi ini pun ramai diperbincangkan di dunia maya. Penyebabnya, apalagi kalau bukan posisi "Timnas Garuda" yang lebih tinggi dari negara tetangga, yakni Malaysia. Saat ini, "Harimau Malaya" berada di posisi ke-170 dengan 110 poin.

Selain itu, ada pula Singapura yang saat ini posisinya berada di bawah Indonesia. Posisi Singapura berada di urutan 172 FIFA dengan 100 angka.

Sedangkan di posisi teratas masih ditempati oleh Timnas Jerman. Die Mannschaft belum bisa digantikan dengan Brasil yang berada satu strip di bawahnya.

Sejatinya, peringkat FIFA tidak begitu mencerminkan apa yang ada di atas lapangan. Cile, contohnya. Negara yang terletak di Amerika Selatan ini tidak lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia, tetapi tetap berada di posisi sembilan klasemen.

Demikian juga dengan Argentina. "Tim Tango", yang secara susah payah lolos ke Piala Dunia 2018, berada di posisi keempat klasemen. Hal yang sama ditunjukkan oleh Wales, yang meski gagal tampil di Piala Dunia 2018, memiliki posisi lebih baik dari Italia yang masih punya peluang lolos ke Piala Dunia lewat babak play-off.

So, Indonesia, nikmatilah kegembiraan naiknya peringkat ini sewajarnya.***