JAKARTA - Setelah Khofifah direstu dan didukung penuh menjadi jagoan Jokowi di Pilgub Jatim, Megawari langsung memberi mandat dan memilih Gus Ipul dengan azwar Anas.

Ini mengagetkan publik terutama dari kader PDIP. Pasalnya, PDIP sendiri memiliki kader terbaik yakni Tri Rismaharini yang saat ini menjabat Walikota Surabaya.

Lalu posisi Risma bagiamana? Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan partainya telah menunjuk Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini alias Risma sebagai juru kampanye pemenangan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Abdullah Azwar Anas pada perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang.

"Ketika saya berbicara dengan Bu Risma di kediamannya, Bu Risma mengatakan siapapun yang ditetapkan oleh PDI Perjuangan untuk Pilgub Jawa Timur beliau siap menjadi juru kampanye," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Minggu (15/10/2017).

Politisi kelahiran Yogyakarta itu mengatakan, pada Pilkada Serentak 2017, walikota Surabaya itu juga menjadi juru kampanye di beberapa daerah dari Aceh sampai Papua Barat. 

"Pada Pilkada serentak 2017, Bu Risma juga khusus menjadi juru kampanye dari Aceh sampai Papua Barat," tegas Hasto.

Ketika Tri Risma Maharani menjadi juru kampanye untuk  Pilgub Jawa Timur, Hasto berharap track record-nya sebagai walikota Surabaya yang cukup berhasil mampu mempengaruhi rakyat untuk memilih pasangan Gus Ipul-Azwar Anas.

"Bu Risma hadir sebagai sosok pemimpin yang memberikan inspirasi dalam membuat kebijakan-kebijakan yang merakyat," pungkasnya.

PDIP resmi mengumumkan cagub dan cawagub Jawa Timur untuk Pilkada 2018. Mereka adalah Gus Ipul sebagai cagub dan Abdullah Azwar Anas sebagai cawagub. 

Nama keduanya diumumkan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat. 

Gus Ipul saat ini sedang menjabat wakil gubernut Jatim, sementara Abdullah Azwar Anas merupakan bupati Banyuwangi yang saat ini menjalani periode keduanya. ***