MEDAN - Berjalan menyusuri jalan setapak, dengan menggunakan payung bercorak putih biru, Menteri BUMN Rini Soemarno yang memakai baju batik disambut dengan teriakan-teriakan histeris para ibu di daerah Bakaran Batu, Jalan Bromo, Kota Medan, Sabtu (14/10/2017). Wanita yang masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo tersebut pun, tertawa riang menyambut sapaan dan teriakan histeris para warga yang didominasi kaum hawa.

Dalam kunjungan ke Kota Medan, bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri BUMN ini pun menyempatkan diri untuk mengunjungi nasabah PNM Mekaar, yang merupakan BUMN simpan pinjam dengan pemberian modal bagi masyarakat.
Dalam kesempatan ini, Rini Soemarno melakukan penyerahan buku tabungan dan kartu ATM BNI.

Pada kesempatan itu tidak sedikit warga yang ingin berfoto dengan Rini. Dengan wajah yang ceria, Rini bersedia berfoto bersama dengan masyarakat daerah Bakaran Batu, Jalan Bromo Medan. Silih berganti, warga berfoto dan selfie dengan Rini Soemarno.

Boru Manalu, warga daerah Bakaran Batu Jalan Bromo mengaku, sangat senang berfoto dengan Rini Soemarno. Ia pun bersyukur, seorang menteri mau berkunjung ke daerah tempat tinggalnya.

"Senang kali, baru kali ini menteri ke sini. Apalagi baik dan ramah begini, senang kali bisa berfoto dengan ibu Menteri," ujarnya saat ditemui Tribun Medan.

Pada kesempatan itu, Rini sempat masuk ke rumah seorang warga dan langsung duduk di lesehan yang beralaskan tikar. Rini pun menyampaikan serta mengedukasi para warga dengan produk kredit usaha yang dimiliki PNM.

"Ini seperti kredit usaha rakyat, sejak awal November 2015. Banyak masyarakat yang ingin melakukan aktivitas, tapi belum bisa melakukan pembiayaan, PNM membuat produk Mekaar, spesifik untuk ibu-ibu yang dapat pinjaman mulai Rp 500 sampai Rp 3 juta," ujar Rini.

Dikatakannya, tim PNM pun keeap melakukan pertemuan intensif, setiap minggu kepada warga dan nasabah agar usahanya visa lebih maju. Warga bisa mencicil pinjaman tiap minggu.

"Kami juga mendorong kalau untung usahanya lebih sisihkan agar mereka menabung. Kami berikan program untuk berikan tambahan tabungan, agar bisa menjadi bagian perbankan," ungkapnya.