MEDAN-Sebanyak 1.029 Personel gabungan akan dikerahkan dalam pengamanan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan berkunjung ke Sumatera Utara, sejak Jumat-Minggu (13 – 15 Oktober 2017).

Dalam kunjungannya, Presiden diagendakan akan mengunjungi lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Kabupaten Karo serta meninjau Bandara Silangit, di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Untuk mengamankan kunjungan orang nomor 1 di Indonesia itu, disiagakan sebanyak 1.029 personel pengamanan yang terdiri dari unsur Polri dan TNI. “Kami siagakan 1.029 personel yang terdiri dari 300 personel Polri, 669 personel TNI AD serta 60 personel TNI AU,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Rina Sari Ginting.

Untuk memaksimalkan pengamanan Presiden, terlebih dahulu Polda Sumut dan TNI melakukan Apel Gelar Pasukan yang langsung dihadiri Kapolda Sumatera Utara, Irjen Paulus Waterpauw bersama Pangdam I/BB didampingi para pejabat utama baik dari Polda Sumut maupun Kodam I/BB di Lapangan Benteng.

Dalam arahannya, Kapolda Sumut menyampaikan kepada seluruh personel untuk mengamati dan cermati setiap pelaksanaan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing dan melaksanakannya dengan hati dan meminta kepada para perwira harus mengenali anggotanya dan menempatkannya sesuai tugasnya dengan baik.

“Cintai dan maknai tugas dengan loyalitas yang tinggi, fokuskan perhatian pada kegiatan sampai kegiatan berakhir, jangan lengah dan tetap waspada terhadap sesuatu apapun yang terjadi di lapangan,” kata Kapolda Sumut.

Sementara Pangdam I/BB juga menyampaikan kepada para personel bahwa keberadaan TNI-Polri adalah untuk melaksanakan tugas sesuai dengan yang diamanatkan UU kepada TNI-Polri dan solidaritas TNI-Polri sebagai pondasi dalam bertugas dan bernegara.

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB juga menyempatkan diri untuk cek kesiapan para personel dan cek kelengkapan senjata setiap personel. “Tanamkan bahwa ini adalah panggilan tugas kita sebagai prajurit TNI dan Polri. Kita hadir untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang diamanatkan UU kepada kita. Terimakasih atas kekompakan dan kebersamaan yang sudah terjalin selama ini di Sumut. TNI-Polri Solid,” tutup Pangdam I/BB.