LABUHANBATU - Sesungguhnya esensi daripada hijrah yakni menuju peningkatan kualitas keislaman. Begitu juga dengan Tahun Baru Hijrah ini. Hal ini berarti kilas balik perjalanan kehidupan dalam satu tahun ke belakang serta memahami sekaligus menerapkan filosofi hijrah sebagai sebuah titik tolak peningkatan kualitas diri baik lahiriah maupun bathiniah.

"Untuk itu semangat hijrah harus kita hidupkan kembali dalam kehidupan sehari-hari," sebut Plt. Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, Selasa (10/10/2017) pada Tabligh Akbar Tahun Baru Islam 1439 H di Lapangan Ika Bina Rantauprapat yang dihadiri Unsur Forkopimda, Ketua MUI dan Kepala SKPD serta para Camat se-Labuhanbatu.

Ahmad Muflih juga mengajak agar umat Islam merenungi sabda Rasulullah SAW yaitu, “Barang Siapa yang hari ini lebih baik dari kemarin, maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang hari ini sama dengan kemarin, maka dia adalah orang yang merugi dan barang siapa yang hari ini lebih jelek dari hari kemarin maka dia terlaknat”.

"Itulah yang perlu kita sadari sekarang, bahwa kita sebagai umat Islam memiliki kesepakatan akidah yang sama, syariat yang sama dan tujuan yang sama, maka apapun perbedaan yang terjadi antara umat Islam selama itu hanya berkisar tentang 'Kulit Luar' saja tidaklah perlu dijadikan alasan untuk berpecah-pecah," jelas Plt. Sekdakab Labuhanbatu ini.

Peringatan 1 Muharram 1439 H dengan kegiatan Parade Tauhid yang diikuti instansi pemerintah, ormas Islam serta pelajar, diharapkan menumbuhkan kembali semangat religius masyarakat Labuhanbatu, merayakan tradisi yang mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu sekaligus memperkuat silaturrahim.

Kakan Kemenag Kabupaten Labuhanbatu, Safiruddin menjelaskan, dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1439 H dilaksanakan berbagai kegiatan perlombaan yang dikoordinir oleh BKPRMI Labuhanbatu yang berlokasi di dua tempat yaitu GOR Rantauprapat dan Masjid Agung Rantauprapat yaitu Lomba Tafsir Al Qur’an yang diikuti 50 orang peserta, Lomba Bilal Mayit yang diikuti 9 group, Volsong Islami yang diikuti 30 peserta, Busana Muslim 40 peserta, Lomba Nyanyian Islami 40 peserta dan perlombaan atau pertandingan Futsal Remaja yang diikuti 10 group, sebutnya.

Safiruddin menambahkan, kegiatan Tabligh Akbar yang dihadiri lebih kurang 5000 orang ini adalah puncak Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H Tingkat Kabupaten Labuhanbatu yang disampaikan oleh Al Ustadz Abdil Muhaidir Ritonga dari Medan dengan pembaca Al Qur’an qori internasional Muhammad Darwin Hasibuan.

Selain kegiatan Tabligh Akbar, peringatan Tahun Baru Islam ini juga dihiasi dengan pemberian 1070 buah Al Qur’an dari Pimpinan Bank Mandiri Syariah cabang Rantauprapat kepada Plt. Sekdakab Labuhanbatu selanjutnya Sekdakab menyerahkan Al Qur’an tersebut secara simbolis untuk 159 Sekolah MDTA se-Kabupaten Labuhanbatu.