MEDAN-Terkait rekrutmen Panitia Pengawas Pilgubsu 2018 se-Sumatera Utara yang diduga sarat kontroversi, sejumlah serikat buruh berencana menggeruduk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut, Senin (9/10/2017).

Serikat buruh dimaksud, di antaranya Serikat Buruh Perkebunan Indonesia (Serbundo), Serikat Buruh Medan Indonesia (SBMI) dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992. Demikian dijelaskan Sekjend Serbundo, Natal Sidabutar kepada medanbisnisdaily.com, Kamis (5/10/2017).

Menurut Natal, seleksi anggota Panwas Pilgubsu yang telah berakhir patut dipertanyakan keabsahannya. Terdapat sejumlah nama yang lolos yang merupakan titipan orang-orang tertentu. Selain itu juga diduga diwarnai permainan uang alias suap-menyuap.

"Kecurangan-kecurangan yang terjadi pada seleksi Panwas lalu telah mencederai demokrasi, harus diprotes," kata Natal.

Selain Bawaslu Sumut, Natal menyebutkan mereka juga akan mendatangi kantor DPRD Sumut. Tidak disebutkan apakah aksi tersebut akan menuntut dibatalkannya nama anggota Panwas tertentu yang telah lolos untuk dibatalkan.

"Siang ini kami akan menyampaikan rencana aksi tersebut ke Poldasu dan setelah itu menggelar konferensi pers," kata Natal.